Nov 20, 2018

Petunjuk aplikasi Rapor PJOK kurikulum 2013 Semester 1 dan 2


Asalamu'allaikum Wr. Wb. sobat bloger. Kali ini akan saya kupas pembahasan penggunaan aplikasi Penilaian PJOK Kurikulum 2013 semester 1 dan 2 tahun pelajaran 2018/2019. Aplikasi ini sedikit berbeda dengan aplikasi sebelumnya. Dimana pada aplikasi ini saya menggunakan KKM tingkat satuan pendidikan sebagai dasar untuk menentukan rentang predikat pada setiap kelas. Namun jika Bapak/Ibu akan menggunakan KKM per kelas maka Bapak/Ibu dapat menyesuaikan rentang predikatnya pada tiap tiap kelas. Dengan cara mengubah predikat pada kolom sebelah kanan nilai.

Baiklah untuk menggunakan aplikasi ini yang pertama tentunya harus punya file nya terlebih dahulu. Jika sudah punya berarti tinggal buka file nya menggunkan ms office 2007 minimal. Setelah dibuka maka akan muncul tampilan seperti gambar di atas. Tampilan di atas adalah menu untuk menuju sheet-sheet yang akan kita isi nilainya untuk masing-masing kelas.

Pertama yang harus kita lakukan adalah

1. Isi data peserta didik pada menu DATA dengan cara meng klik DATA pada menu

2. Setelah data terisi barulah kita masukan nilai harian, PTS dan PAS/PAT ditiap kelas

3. Jika sudah terisi semua kita lihat rekapnya pada menu nilai dan deskripsi

4. Serahkan rekap nilai tersebut kepada guru kelas masing-masing

Kedua akan saya jelaskan secara detail urutan diatas

Isi data: buka menu DATA maka akan muncul 


Isi KKM satuan pendidikan supaya rentang predikat otomatis dibuat. Jika ingin menggunkan KKM tiap kelas berarti sobat bloger isi manual predikat pada tiap-tiap kelas. Perlu diingat pada kolom nama panggilan harus diisi [isi sesuai nama panggilan pada aplikasi guru kelas], jika tidak diisi maka pada deskripsi tidak muncul nama panggilan akibatnya akan muncul angka 0.

Selanjutnya masuk kemenu nilai pengetahuan untuk tiap-tiap kelas. Pada menu ini isi nilai harian pada cell yang telah ditandai warna kuning.


Setelah nilai harian terisi semua. Dilanjutkan mengisi nilai PTS. Untuk nilai PTS tidak semua KD diisi, hanya KD yang telah dilaksanakan selama setengah semester 1 atau 2. Pada aplikasi ini untuk nilai PTS cell untuk KD yang belum dilaksanakan sudah dikunci, jadi Bapak/Ibu isi yang tidak terkunci saja ya... :-)

Jika nilai harian dan PTS sudah terisi semua bagian terakhir adalah mengisi nilai PAS/PAT.  Penilaian Akhir Semester/ Penilaian Akhir Tahun. Nilai PAS/PAT tiap KD adalah hasil rata-rata dari KD pada tema 1, tema 2, tema 3, tema 4 untuk kelas rendah. untuk diketahui nilai akhir (NA) diperoleh dari nilai harian, nilai PTS dan nilai PAS dimana bobot untuk nilai harian adalah yang paling tinggi (sudah saya jelaskan pada penilaian guru kelas).
Dan tahap selanjutnya mengisi nilai keterampilan pada masing-masing kelas. Untuk nilai keterampilan diisi sesuai dengan nilai yang telah diambil selama satu semester, yang terdiri dari nilai Kinerja, Produk dan Proyek. 


Terakhir, lihat rekap nilai pengetahun dan keterampilan serta deskripsi masing-masing siswa dari kelas 1 sampai dengan kelas 6 di menu Nilai Akhir dan Deskripsi dengan meng klik salah satu dari ketiga menu dibawahnya. Dan rekap inilah yang Bapak/Ibu serahkan ke guru kelas masing-masing.

Demikian pembahasan mengenai aplikasi PJOK kurikulum 2018/2019 semester 1 dan 2 semoga dapat membantu dan meringankan pekerjaan. Untuk download file klik semoga berkah. Untuk yang mau donasi silahkan di bawah ini.

Aplikasi Penilaian PJOK semester 1 [2018/2019]
Aplikasi Penilaian PJOK semester 2 [2018/2019]

Terimakasih atas donasi yang telah diberikan, semoga Alloh SWT melipat gandakan pahala bagi anda. Amiin

Artikel Terkait

Petunjuk aplikasi Rapor PJOK kurikulum 2013 Semester 1 dan 2
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email