Nov 11, 2018

Petunjuk Penggunaan Aplikasi Rapor PAI Kurikulum 2013 Semester 1 dan 2



Assalamu'alaikum. Salam jumpa Bapak/Ibu semoga selalu dirahmati Alloh SWT. Disuasana bulan Ramadahan Kali ini akan saya jelaskan cara penggunaan aplikasi penilaian pendidikan agama Islam untuk tahun pelajaran 2018/2019 untuk semester 1 dan 2. Aplikasi ini sudah disesuaikan dengan Pemetaan KD berdasarkan Buku Paket Pendidikan Agama Islam Revisi 2017.


Baiklah, untuk menggunakan aplikasi penilaian agama islam ini yang pertama adalah download file aplikasinya. Setelah itu buka menggunakan ms. office excel minimal ms. office excel 2007.

Setelah didownload buka file nya kemudian isi data dengan cara klik menu data seperti pada tampilan menu di atas. maka akan tampil seperti ini.



Kemudian isi KKM Satuan Pendidikan. Karena KKM Satuan Pendidikan ini akan dijadikan rentang predikat untuk masing-masing kelas pada nilai pengetahuan dan nilai keterampilan.  Jika akan menggunakan KKM kelas silahkan Bapak/Ibu sesuiakan rentang predikatnya pada tiap-tiap kelas. seperti ini.




Selanjutnya isi data nama siswa (pada menu DATA). Yaitu nama lengkap dan nama panggilan. Untuk nama panggilan nantinya akan digunakan pada deskripsi baik pengetahuan maupun keterampilan. Jika nama panggilan tidak diisi maka pada deskripsi muncul angka 0. Untuk itu guna menghindari hal tersebut nama panggilan harus diisi.

Setelah data terisi semua dilanjutkan dengan mengisi nilai harian, nilai PTS dan nilai PAS/PAT untuk penilaian pengetahuan. Seperti gambar di bawah ini. Untuk kembali ketampilan awal/menu klik menu pada sheet data.



Isi nilai harian/ UH pada kolom penilaian harian sesuai nilai pada buku daftar nilai dan KD masing-masing kelas. Untuk mengisi nilai harian cukup mengisi pada cell yang berwarna hijau. Karena cell tersebut sudah disesuaikan dengan Pemetaan KD. Sehingga akan memudahkan kita dalam mengimput nilai.

Jika nilai harian/ UH sudah terisi semua. Dilanjutkan dengan mengisi niali tengah semester/ PTS pada kolom disebelahnya. Nilai PTS ini terdiri dari setengah jumlah KD pada satu semester. Oleh karena itu tidak semua cell pada kolom ini diisi semua. Untuk cell yang tidak diisi jika dimasukan nilai akan muncul peringatan.

Selanjutnya kita isi nilai semester/ PAS/PAT. Nilai PAS diambil dari hasil PAS. Untuk kolom nilai PAS seluruh cell harus terisi semua. Jika ada yang kosong maka deskripsi tidak muncul. Setelah semua terisi mulai dari UH, PTS dan PAS/PAT maka dapat kita lihat NA, Predikat, dan Deskripsi. Nah nilai-nilai tadi akan dijadikan satu pada menu Nilai, Predikat, dan Deskripsi.





Jangan lupa untuk nilai keterampilan juga harus kita input, karena nilai ketermapilan juga akan masuk ke Rapor. Untuk mengisi nilai keterampilan masuk kemenu nilai keterampilan. Pilih kelas yang akan diisi nilai keterampilannya. Contoh nilai keterampilan kelas 1.



Input nialai Keterampilan pada kolom yang telah tersedia yaitu Kinerja, Produk, Proyek yang telah bapak/ibu catat dalam buku daftar nilai selama 1 semester. Pada penilaian keterampilan ini juga harus terisi semua sehingga deskripsi dapat muncul.

Setelah selesai input nilai dari kelas 1 sampai kelas 6, nilai pengetahuan dan nilai keterampilan maka rekap nilai, predikat dan deskripsi dapat dilihat di menu nilai angka, predikat dan deskripsi. Rekap inilah yang kita berikan kepada guru kelas masing-masing untuk diinput ke aplikasi rapor.

Nah, cukup sekian penjelasan dari saya. Jika mengalami kesulitan silahkan tulis komentar di bawah.

Aplikasi Penilaian Pendidikan Agama Islam Tahun Pelajaran 2018/2019 bisa diperoleh lewat halaman ini dengan meng klik kata semoga berkah

Silahkan donasi untuk kelangsungan blog ini, lewat rekening di bawah ini. Terimakasih



Aplikasi PAI semester 1 Tahun 2018-2019 [download]
Aplikasi PAI semester 2 Tahun 2018-2019 [download]

Artikel Terkait

Petunjuk Penggunaan Aplikasi Rapor PAI Kurikulum 2013 Semester 1 dan 2
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email