May 12, 2019

Aplikasi Induk Siswa Baru dan Simpel Rapor Kurtilas 2013

Asalamu'alaikum Wr. Wb. Syukur Alkhamdulillah kita panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan nikmat iman dan nikmat sehat sehingga di bulan Ramadhan ini kita dapat menjalankan ibadah puasa. Bapak/ Ibu yang saya hormati saya ucapkan selamat menjalankan ibadah puasa bagi Bapak/Ibu yang beragama Islam mudah-mudahan dengan puasa kita akan menjadi orang yang takwa.

Dikesempatan bulan ramadhan ini saya akan sedikit berbagi aplikasi cover serta identitas rapor kurikulum 2013 yang sudah link dengan data untuk mengisi buku induk, khususnya untuk induk lembar 1 dan lembar 2. Aplikasi ini saya buat sesimpel mungkin sehingga Bapak/Ibu tidak akan mengalami kesulitan dalam menggunakannya. Adapun untuk lembar ke 3 atau nilai hasil belajar sudah saya link di aplikasi rapor kurikulum 2013 versi 2019.

Untuk menggunakan aplikasi ini cukup dengan Microsoft Office Excel. Setelah Bapak/Ibu download filenya Bapak/Ibu tinggal buka filenya kemudian |input| data sekolah, data siswa, foto siswa, prestasi siswa selama sekolah, perkembangan siswa, serta riwayat sekolah.

Setelah semua data terisi Bapak/Ibu tinggal print pilih cover dan identitas rapor atau lembar induk siswa. Dengan cara mengisi nomer urut siswa kemudian print di kertas A4. Print seperti biasa ketika Bapak/Ibu ngeprint menggunakan Microsoft Office Excel.

Demikian penjelasan singkat tentang aplikasi induk siswa baru dan simpel dan aplikasi cover rapor siswa kurikulum 2013 versi 2019.

Untuk panduannya dapat dilihat di sini

Catatan:
Untuk input foto sebaiknya foto jangan keluar dari garis / kotak karena jika foto melebihi garis maka ketika dicetak akan keluar garis juga.

Ketika sudah dicetak atau print preview foto akan berubah menjadi kecil-kecil. Ini karena kelemahan dari Office 2007, sedikit saran tp sedikit lama, caranya ketika sudah diprint tutup/ close tetapi jangan disimpan. Kemudian buka kembali filenya ganti siswa berikutnya kemudian print, close/ tutup lagi jangan disimpan seperti itu sampai selesai print sejumlah siswa

Artikel Terkait

Aplikasi Induk Siswa Baru dan Simpel Rapor Kurtilas 2013
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email