Dec 9, 2021

Tips Menghadapi Sukses Ujian Nasional


SUKSES UJIAN - Pelaksanaan ujian nasional 2017 tinggal beberapa bulan lagi. Pelaksanaan ujian nasional yang selalu dilakukan di akhir semester genap terkadang menjadi momok bagi siswa siswi kelas 6, 9 dan 12. Namun demikian ujian nasional ini juga harus dipersiapakan dengan sebaik-baiknya, agar memperoleh hasil yang memuaskan.

Berikut ini beberapa tips persiapan menghadapi ujian nasional

1. Menjaga Kesehatan

Kesehatan merupakan faktor utama menghadapi ujian nasional. Sebab ketika kita ujian dengan tubuh yang sakit maka hasilnya tiadak akan maksimal. Untuk itu agar tubuh kita selalu sehat dan bugar kita dapat melakukan olahraga secara teratur. Olahraga yang ringan saja sehingga gairah belajar akan meningkat.

2. Mengikuti Program Belajar Di Sekolah

Sekolah biasanya mengadakan tambahan belajar atau les serta tryout untuk menghadapi ujian nasional, Nah untuk itu sebaiknya kalian mengikuti program tersebut dengan semaksimal mungkin. Karena dengan mengikuti program tersebut maka akan terbiasa ketika mengikuti ujian nasional.

3. Berlatih Soal-soal Ujian

Kalau kita amati soal-soal ujian nasional dari tahun ketahun tidak jauh berbeda, Untuk itu banyak-banyaklah berlatih soal. Banyak sumber yang bisa digunakan seperti buku-buku latihan soal, buku kisi-kisi ataupun secara online seperti video berikut ini.

Pembahasan soal-soal ujian

4. Belajar Kelompok

Melakukan belajar secara kelompok akan sangat menyenangkan daripada belajar sendiri. Karena dengan belajar kelompok maka suasana belajar menjadi enjoy. Namun keiatan ini harus fokus pada kegiatan belajar bukan untuk ngrumpi.

5. Mencari Referensi Materi Ujian

Dengan banyak referensi yang dimiliki maka akan semakin tenang saat menghadapi ujian nasional. Selain itu juga dapat meningkatkan rasa percaya diri ketika mengerjakan soal ujian nasional. Referensi ini dapat di dicari melalui sumber online. Bertanya pada pada teman atau guru.

6. Persiapkan Alat Ujian Nasional Sebaik Mungkin

Jika sekolah kita masih menggunakan LJK belum menggunakan CBT maka harus dipersiapkan alat tulis seperti pensil 2B. Pilih pensil 2B yang kualitasnya baik, yang dapat terbaca oleh komputer. Pilih juga penghapus yang standar sehingga ketika digunakan untuk menghapus tidak meninggalkan bekas. Selain itu juga persiapkan alas LJK agar LJK tidak rusak atau berlubang karena terkena pensil. Karena alat tulis ini merupakan senjata utama ketika menghadapi ujian nasional. Tanpa alat tulis maka akan percuma semua persiapan yang sudah dilakukan sebelumnya.

Demikian tips yang mungkin bisa membantu saat manghadapi atau mempersiapkan ujian nasional. Pada intinya ujian nasional adalah mengulang kembali materi yang telah kita pelajari sebelumnya. Oleh karena itu tidak usah merasa tertekan dan risau. Semoga sukses dalam mengerjakan soal-soal ujian nasional. Amien,,

Artikel Terkait

Tips Menghadapi Sukses Ujian Nasional
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email