Dec 9, 2021

Dapodik Luncurkan Pembaharuan Baru Versi 2016C

Masih dalam suasana peringatan hari guru nasional dan hari jadi organisasi guru (PGRI) Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah merilis pembaharuan aplikasi dapodikdas versi 2016c. Didalam pembaharuan aplikasi 2016c ini terdapat perbaikan dari aplikasi sebelumnya yaitu aplikasi 2016b yang masih terdapat bugs/ kesalahan. Perbaikan itu antara lain pada : Penambahan fitur unduhan pada semester aktif, Pengaktifan data PTK berupa NUPTK/ Nama/ Tanggal lahir/ Nama Ibu kandung/ pada entitas data PTK jika status validasi pada verval PTK (PDSPK) invalid, Pembaharuan baru untuk kepala bengkel, Pembaharuan validasi untuk program keahliah yang diajakan pada rombel, Pembaharuan untuk penambahan kelompok mata pelajaran untuk jenjang SMK, Jenis rombel kelas teori yang hanya dapat diajarkan oleh 1 PTK saja dan untuk lintas minat, Filter kelompok mata pelajaran peminatan bahasa, Filter kelompok mata pelajaran peminatan IPS dan MIPA, Kelompok mata pelajaran pendampingan produktif, Pembaharuan JJM yang ditambahkan pada kelompok mata pelajaran produktif, Pembaharuan penambahan untuk fitur memfilter rombel, Penambahan fitur google map, dan Pembaharuan validasi MoU untuk jenjang SMK. Pembaharuan tersebut ada 17 item. Kemudian perbaikan bugs/ kesalahan diantaranya seperti : Perbaikan JJM Pendidikan Agama, Validasi akumulasi perhitungan JJM yang diperoleh peserta didik untuk jenjang SMA dan SMK, serta JJM setiap rombongan belajar sesuai kurikulum dan tingkat pendidikan, Bugs program keahlian pada registrasi peserta didik pada jenjang SMA dan SMK, serta Bugs ketika menyimpan data PTK jika status PTK non PNS. Perbaikan bugs/ kesalahan ini berjumlah 5 item.

Sedangkan untuk melakukan update/ pembaharuan keversi 2016c dapat dilakukan dengan dua cara yaitu :

1. Melalui updater aplikasi dapodik 2016c

   Diperuntukan untuk sekolah yang masih menggunakan aplikasi dapodik di bawah versi 2016c. Dengan langkah sebagai berikut :
  • Download file Updater versi 2016c 
  • Lakukan instalasi sampai selesai
  • Kemudian lakukan refres (Ctrl + F5)
2. Pembaharuan online
    Cara melakukan pembaharuan secara online
  • Koneksikan PC/ Laptop ke internet
  • Kemudian login pada aplikasi dapodikdas
  • Masuk kemenu pengaturan, pembaharuan aplikasi, klik tombol pembaharuan
  • Klik lanjutkan
  • Pastikan tidak menutup browser yang terdapat aplikasi dapodik ketika pembaharuan belum selesai
  • Setelah selesai klik "Muat ulang halaman sekarang"
Aplikasi dapodik versi 2016c ini pun sudah testing agar bisa berjalan bersama aplikasi PMP sehingga kita tidak usah kawatir aplikasi PMP nya akan mengalami error.



Artikel Terkait

Dapodik Luncurkan Pembaharuan Baru Versi 2016C
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email