Nov 4, 2017

RPP Kurikulum 2013 Tema 8 Kelas 3

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan     : SD Negeri Percontohan
Kelas/Semester          : III/ 2 (GENAP)
Tema                          : 8. Bumi dan Alam Semesta
Sub Tema                   : 1. Bumi Bagian dari Alam Semesta
Pembelajaran             : 1 (Satu)
Alokasi Waktu            : 1 x pertemuan ( 5 x 35 menit )

A.     Kompetensi Inti (KI)
1.    Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.    Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3.    Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.    Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.    Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
1.2 Meresapi keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan makhluk hidup, hidup sehat, benda dan sifatnya, energi dan perubahan, bumi dan alam semesta
2.1 Memiliki kepedulian dan rasa tanggung jawab terhadap makhluk hidup, energi dan perubahan iklim, serta bumi dan alam semesta melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah.
3.1 Menggali informasi dari teks laporan informative hasil observasi tentang perubahan wujud benda, sumber energi, perubahan energi, energi alternatif, perubahan iklim dan cuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta alam semesta dengan  bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.1 Mengamati dan mengolah isi teks laporan informative hasil observasi tentang perubahan wujud benda, sumber energi, perubahan energi, energi alternatif, perubahan iklim dan cuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta alam semesta secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.

MATEMATIKA
1.1 Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.3 Memiliki sikap terbuka, objektif, menghargai pendapat dan karya teman sebaya dalam diskusi kelompok maupun aktivitas seharihari.
3.12Mendeksripsikanhubungan antara dua bangun datar dan antara bangun ruang dan bangun datar.
4.6. Membentuk dan menggambar berbagai bangun datar yang diperoleh melalui kegiatan melipat dan menggunting atau cara lainnya.
SBdP
1.1 Memuji keunikan kemampuan manusia dalam berkarya seni dan berkreativitas sebagai anugrah Tuhan.
2.1 Menunjukkan sikap berani mengekspresikan diri dalam berkarya seni.
3.1 Mengenal karya seni gaya dekoratif.
4.1 Menggambar dekoratif dengan mengolah perpaduan garis, warna, bentuk dan tekstur berdasarkan hasil pengamatan di lingkungan sekitar.

C.    INDIKATOR
Bahasa Indonesia
1.2.1        Meresapi keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan makhluk hidup, hidup sehat, benda dan sifatnya, energi dan perubahan, bumi dan alam semesta
2.1.1 Memiliki kepedulian dan rasa tanggung jawab terhadap makhluk hidup, energi dan perubahan iklim, serta bumi dan alam semesta melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah.
3.1.1 Mengidentifikasi isi teks laporan informative tentang alam semesta.
4.1.1 Membuat laporan informatif tentang alam semesta.
4.1.2 Menyampaikan laporan tentang hasil kunjungan ke planetarium.
MATEMATIKA
1.1.1        Menunjukkan sukap menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.2.1 Menunukkan sikap rasa ingin tahu dan ketertarikan pada matematika yang terbentuk melalui pengalaman belajar Indikator
3.12.1Mengidentifikasi bentuk-bentuk bangun datar.
3.12.2Menjelaskan hubungan dua bangun datar.
4.6.1 Membuat bangun datar melalui kegiatan melipat dan menggunting.
SBdP
1.1.1 Menunjukkan sikap bersyukur atas keunikan kemampuan manusia dalam berkarya seni dan berkreativitas sebagai anugrah Tuhan.
2.1.1 Menunjukkan sikap berani mengekspresikan diri dalam berkarya seni.
3.1.1 Mengidentifikasi karya seni gaya dekoratif.
4.1.1 Membuat pola untuk membuat gambar dekoratif sesuai contoh.

D.    Tujuan Pembelajaran
1. Dengan kegiatan membaca, siswa dapat mengidentifikasi isi teks laporan informatif tentang alam semesta dengan benar.
2. Dengan mengamati contoh, siswa dapat membuat laporan informatif tentang alam semesta dengan benar.
3. Dengan kegiatan menulis, siswa dapat menyampaikan laporan tentang hasil kunjungan ke planetarium dengan benar.
4. Dengan kegiatan mengamati, siswa dapat mengidentifikasi bentuk-bentuk bangun datar yang ada di lingkungan sekitar dengan benar.
5. Dengan kegiatan mengamati, siswa dapat menjelaskan hubungan dua bangun datar dengan benar.
6. Dengan mengamati contoh, siswa dapat membuat bangun datar melalui kegiatan melipat dan menggunting dengan rapi.
7. Dengan mengamati, siswa dapat mengidentifikasi karya seni gaya dekoratif dengan benar.
8. Dengan mengamati contoh, siswa dapat membuat pola untuk membuat gambar dekoratif sesuai contoh dengan rapi.

E.     Materi Pembelajaran
Bahasa Indonesia : Sistem Tata Surya, laporan tentang hasil kunjungan ke planetarium
Matematika : bentuk bangun datar , hubungan 2 bangun datar
SBdP : Teknik Melipat

F.     Metode Pembelajaran
Metode                :  Tanya jawab, diskusi, demonstrasi.
Pendekatan        :  Scientific (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, eksperimen, mengasosiasi/menalar, dan mengkomunikasikan).
G.    Media dan Alat Pembelajaran
Sumber :Buku Siswa dan buku guru
Alat :
1. Kertas berwarna
2. Poster tata surya
3. Gunting dan lem
4. Buku teks
Media : Laptop, LCD, screen CD pembelajaran, papan tulis, spidol




H.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi Waktu
Pendahuluan
• Siswa mengucapkan salam dan berdoa
• Guru melakukan presensi
• Guru melakukan apersepsi dengan menjelaskan topik pelajaran yang akan dimulai dan mengaitkan dengan pembelajaran sebelumnya.
• Guru menyampaikan tema dan tujuan pembelajaran
15 menit
INTI
Ayo Amati
• Guru membuka pelajaran dengan mengenalkan tema Bumi dan Alam Semesta, dan subtema yang akan dibahas adalah Bumi bagian dari Alam Semesta.
• Siswa menyebutkan benda langit yang dapat dilihat pada siang dan malam hari. (mengumpulkan data)
• Siswa membaca teks tentang Berkunjung ke Planetarium.
• Planetarium adalah tempat simulasi posisi dan pergerakan benda-benda langit. Planetarium dilengkapi dengan teropong, yaitu yang alat yang digunakan untuk melihat benda langit.
• Siswa berdiskusi tentang isi teks terutama namanama benda langit. (menalar)
• Siswa menjawab pertanyaan yang ada di buku sesuai isi teks.
AYO CARI TAHU
• Untuk menambah wawasan, siswa diminta untuk mencari informasi dari perpustakaan, orang tua, atau guru tentang status matahari. Matahari bukan planet tapi bintang. (mengumpulkan data)
• Siswa menuliskan informasi tentang matahari pada tempat yang tersedia
• Siswa mengamati bentuk planet dan matahari yang berbentuk lingkaran.
• Siswa mendengarkan penjelasan guru mengenai teknik membuat lingakaran dengan menjiplak, menggunakan jangka, juga melalui kegiatan melipat dan menggunting kertas.
• Siswa berlatih membuat lingkaran sebanyak 9 buah, dengan berbagai ukuran untuk mewakili planet-planet dan matahari.
• Lingkaran yang dibuat akan diberi gambar dan diwarnai seperti planet dan matahari.
• Lalu, gambar tersebut ditempelkan pada gambar lintasan/orbit pada tata surya yang ada di buku.
• Siswa saling mengamati kebenaran susunan sistem tata surya
yang sudah dibuat oleh siswa.
AYO CARI TAHU
• Siswa mencari informasi tentang matahari (mengumpulkan data)
• Siswa menjawab pertanyaan sesuai dengan informasi yang diperoleh dari guru, orangtua, atau buku yang dibaca.
• Siswa menuliskan informasi yang diperoleh pada buku. (mengumpulkan data)
AYO BERLATIH
• Siswa mengamati bentuk-bentuk bangun datar selain lingkaran.
• Siswa mengidentifikasi benda-benda yang memiliki kemiripan bentuk dengan bangun datar yang disebutkan.
• Siswa mengidentifikasi hubungan antarbangun datar. Misalnya, bangun segitiga dapat dibuat dari bangun persegi dan persegi panjang.
• Siswa berlatih membuat berbagai bangun datar dengan cara melipat dan menggunting kertas, lalu di temple pada tempat yang tersedia. (menalar)
140 menit
Penutup

• REFLEKSI : Kegiatan diakhiri dengan mengulas kembali apa yang sudah mereka lakukan sejak pagi.
• Siswa saling memeriksa hasil pekerjaan dan bersama-sama menyimpulkan materi pelajaran hari ini tentang nama-nama benda langit.
• Kemudian, siswa menutup kegiatan pada hari ini dengan rasa syukur kepada Tuhan atas segala yang sudah Tuhan berikan. Berdoa dipimpin oleh siswa.
25 menit

I.       Penilaian
1.    Penilaian Sikap : Observasi
2.    Penilaian Pengetahuan : Tes Tertulis
3.    Penilaian Keterampilan : Unjuk Kerja

Instrumen Penilaian : Berupa rubrik





LAMPIRAN



Artikel Terkait

RPP Kurikulum 2013 Tema 8 Kelas 3
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email