RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SD Negeri Percontohan
Kelas/Semester : III/ 2 (GENAP)
Tema :
8. Bumi dan Alam Semesta
Sub Tema :
1. Bumi Bagian dari Alam Semesta
Pembelajaran :
1 (Satu)
Alokasi Waktu : 1 x pertemuan ( 5 x 35 menit )
A.
Kompetensi Inti (KI)
1.
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya.
2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, dan guru.
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan
berakhlak mulia.
B.
Kompetensi Dasar
Bahasa
Indonesia
1.2
Meresapi keagungan Tuhan Yang Maha Esa
atas penciptaan makhluk hidup, hidup sehat, benda dan sifatnya, energi dan
perubahan, bumi dan alam semesta
2.1
Memiliki kepedulian dan rasa tanggung jawab terhadap makhluk hidup, energi dan
perubahan iklim, serta bumi dan alam semesta melalui pemanfaatan bahasa
Indonesia dan/atau bahasa daerah.
3.1
Menggali informasi dari teks laporan informative hasil observasi tentang
perubahan wujud benda, sumber energi, perubahan energi, energi alternatif,
perubahan iklim dan cuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta alam semesta
dengan bantuan guru dan teman dalam
bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah
untuk membantu pemahaman.
4.1 Mengamati dan mengolah isi teks laporan
informative hasil observasi tentang perubahan wujud benda, sumber energi,
perubahan energi, energi alternatif, perubahan iklim dan cuaca, rupa bumi dan
perubahannya, serta alam semesta secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan
dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu
pemahaman.
MATEMATIKA
1.1 Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya.
2.3 Memiliki sikap terbuka, objektif, menghargai
pendapat dan karya teman sebaya dalam diskusi kelompok maupun aktivitas
seharihari.
3.12Mendeksripsikanhubungan
antara dua bangun datar dan antara bangun ruang dan bangun datar.
4.6.
Membentuk dan menggambar berbagai bangun datar yang diperoleh melalui kegiatan
melipat dan menggunting atau cara lainnya.
SBdP
1.1 Memuji
keunikan kemampuan manusia dalam berkarya seni dan berkreativitas sebagai anugrah
Tuhan.
2.1
Menunjukkan sikap berani mengekspresikan diri dalam berkarya seni.
3.1
Mengenal karya seni gaya dekoratif.
4.1
Menggambar dekoratif dengan mengolah perpaduan garis, warna, bentuk dan tekstur
berdasarkan hasil pengamatan di lingkungan sekitar.
C.
INDIKATOR
Bahasa Indonesia
1.2.1
Meresapi keagungan Tuhan Yang Maha
Esa atas penciptaan makhluk hidup, hidup sehat, benda dan sifatnya, energi dan
perubahan, bumi dan alam semesta
2.1.1
Memiliki kepedulian dan rasa tanggung jawab terhadap makhluk hidup, energi dan
perubahan iklim, serta bumi dan alam semesta melalui pemanfaatan bahasa
Indonesia dan/atau bahasa daerah.
3.1.1 Mengidentifikasi isi teks laporan informative
tentang alam semesta.
4.1.1 Membuat laporan informatif tentang alam
semesta.
4.1.2 Menyampaikan laporan tentang hasil kunjungan ke
planetarium.
MATEMATIKA
1.1.1 Menunjukkan sukap menerima dan
menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.2.1 Menunukkan sikap rasa ingin tahu dan
ketertarikan pada matematika yang terbentuk melalui pengalaman belajar Indikator
3.12.1Mengidentifikasi
bentuk-bentuk bangun datar.
3.12.2Menjelaskan
hubungan dua bangun datar.
4.6.1 Membuat bangun datar melalui kegiatan melipat
dan menggunting.
SBdP
1.1.1 Menunjukkan sikap bersyukur atas keunikan kemampuan
manusia dalam berkarya seni dan berkreativitas sebagai anugrah Tuhan.
2.1.1 Menunjukkan sikap berani mengekspresikan diri
dalam berkarya seni.
3.1.1
Mengidentifikasi karya seni gaya dekoratif.
4.1.1 Membuat pola untuk membuat gambar dekoratif
sesuai contoh.
D.
Tujuan Pembelajaran
1.
Dengan kegiatan membaca, siswa dapat
mengidentifikasi isi teks laporan informatif tentang alam semesta dengan benar.
2.
Dengan mengamati contoh, siswa dapat
membuat laporan informatif tentang alam semesta dengan benar.
3.
Dengan kegiatan menulis, siswa dapat
menyampaikan laporan tentang hasil kunjungan ke planetarium dengan benar.
4.
Dengan kegiatan mengamati, siswa dapat
mengidentifikasi bentuk-bentuk bangun datar yang ada di lingkungan sekitar
dengan benar.
5.
Dengan kegiatan mengamati, siswa dapat
menjelaskan hubungan dua bangun datar dengan benar.
6.
Dengan mengamati contoh, siswa dapat
membuat bangun datar melalui kegiatan melipat dan menggunting dengan rapi.
7.
Dengan mengamati, siswa dapat
mengidentifikasi karya seni gaya dekoratif dengan benar.
8.
Dengan mengamati contoh, siswa dapat
membuat pola untuk membuat gambar dekoratif sesuai contoh dengan rapi.
E.
Materi Pembelajaran
Bahasa
Indonesia : Sistem Tata Surya, laporan tentang hasil
kunjungan ke planetarium
Matematika
: bentuk bangun datar , hubungan 2 bangun datar
SBdP : Teknik
Melipat
F.
Metode Pembelajaran
Metode
: Tanya jawab, diskusi, demonstrasi.
Pendekatan :
Scientific (mengamati, menanya, mengumpulkan
informasi, eksperimen, mengasosiasi/menalar,
dan mengkomunikasikan).
G.
Media dan Alat Pembelajaran
Sumber :Buku Siswa
dan buku guru
Alat :
1. Kertas
berwarna
2. Poster
tata surya
3.
Gunting dan lem
4. Buku teks
Media : Laptop, LCD,
screen CD pembelajaran, papan tulis, spidol
H.
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
• Siswa
mengucapkan salam dan berdoa
• Guru melakukan presensi
• Guru
melakukan apersepsi dengan menjelaskan topik pelajaran yang akan dimulai dan
mengaitkan dengan pembelajaran sebelumnya.
• Guru menyampaikan tema dan tujuan
pembelajaran
|
15 menit
|
INTI
|
Ayo
Amati
• Guru
membuka pelajaran dengan mengenalkan tema Bumi dan Alam Semesta, dan subtema
yang akan dibahas adalah Bumi bagian dari Alam Semesta.
• Siswa
menyebutkan benda langit yang dapat dilihat pada siang dan malam hari.
(mengumpulkan data)
• Siswa
membaca teks tentang Berkunjung ke Planetarium.
•
Planetarium adalah tempat simulasi posisi dan pergerakan benda-benda langit.
Planetarium dilengkapi dengan teropong, yaitu yang alat yang digunakan untuk
melihat benda langit.
• Siswa
berdiskusi tentang isi teks terutama namanama benda langit. (menalar)
• Siswa
menjawab pertanyaan yang ada di buku sesuai isi teks.
AYO CARI
TAHU
• Untuk menambah
wawasan, siswa diminta untuk mencari informasi dari perpustakaan, orang tua,
atau guru tentang status matahari. Matahari bukan planet tapi bintang.
(mengumpulkan data)
• Siswa
menuliskan informasi tentang matahari pada tempat yang tersedia
• Siswa mengamati
bentuk planet dan matahari yang berbentuk lingkaran.
• Siswa
mendengarkan penjelasan guru mengenai teknik membuat lingakaran dengan
menjiplak, menggunakan jangka, juga melalui kegiatan melipat dan menggunting
kertas.
• Siswa
berlatih membuat lingkaran sebanyak 9 buah, dengan berbagai ukuran untuk
mewakili planet-planet dan matahari.
•
Lingkaran yang dibuat akan diberi gambar dan diwarnai seperti planet dan
matahari.
• Lalu,
gambar tersebut ditempelkan pada gambar lintasan/orbit pada tata surya yang
ada di buku.
• Siswa
saling mengamati kebenaran susunan sistem tata surya
yang
sudah dibuat oleh siswa.
AYO CARI
TAHU
• Siswa
mencari informasi tentang matahari (mengumpulkan data)
• Siswa
menjawab pertanyaan sesuai dengan informasi yang diperoleh dari guru,
orangtua, atau buku yang dibaca.
• Siswa
menuliskan informasi yang diperoleh pada buku. (mengumpulkan data)
AYO
BERLATIH
• Siswa
mengamati bentuk-bentuk bangun datar selain lingkaran.
• Siswa
mengidentifikasi benda-benda yang memiliki kemiripan bentuk dengan bangun
datar yang disebutkan.
• Siswa
mengidentifikasi hubungan antarbangun datar. Misalnya, bangun segitiga dapat
dibuat dari bangun persegi dan persegi panjang.
• Siswa
berlatih membuat berbagai bangun datar dengan cara melipat dan menggunting
kertas, lalu di temple pada tempat yang tersedia. (menalar)
|
140 menit
|
Penutup
|
•
REFLEKSI : Kegiatan diakhiri dengan mengulas kembali apa yang sudah mereka
lakukan sejak pagi.
• Siswa
saling memeriksa hasil pekerjaan dan bersama-sama menyimpulkan materi pelajaran
hari ini tentang nama-nama benda langit.
•
Kemudian, siswa menutup kegiatan pada hari ini dengan rasa syukur kepada
Tuhan atas segala yang sudah Tuhan berikan. Berdoa dipimpin oleh siswa.
|
25 menit
|
I.
Penilaian
1.
Penilaian Sikap : Observasi
2.
Penilaian Pengetahuan : Tes Tertulis
3.
Penilaian Keterampilan : Unjuk Kerja
Instrumen Penilaian :
Berupa rubrik
LAMPIRAN
RPP Kurikulum 2013 Tema 8 Kelas 3
4/
5
Oleh
Aldhel Oezank