Oct 26, 2017

Cara Menyelesaikan Akar Bilangan Pangkat Dua dalam Kehidupan Sehari-hari

Terkadang kita pernah  menghadapi permasalahan berikut?


Masalah pembuatan pagar
Kebun pak Ali berbentuk persegi seluas 625 m2. Ia ingin memagar sekeliling kebunnya. Biaya memagar untuk tiap meternya adalah Rp25.000,00. Berapakah biaya yang harus dikeluarkan pak Ali untuk memagar kebunnya?

Permasalahan ini dapat diselesaikan dengan mudah apabila kita telah memahami konsep akar bilangan pangkat dua. Sebelum kita mempelajari akar bilangan pangkat dua, sebaiknya kita pelajari dahulu bilangan berpangkat.


Contoh lainnya: 42 (dibaca empat pangkat dua) = 4 × 4 = 16.Perpangkatan bilangan adalah perkalian berulang dengan faktor-faktor bilangan yang sama, sehingga pangkat dua dari suatu bilangan merupakan perkalian bilangan yang sama sebanyak dua kali.


Bilangan 1, 4, 9, 16, 25, 36, 49, 64, 81, 100, . . . disebut bilangan kuadrat sempurna. Mari kita cermati kembali contoh permasalahan pembuatan pagar di atas. Permasalahan tersebut dapat diselesaikan dengan cara berikut


Diketahui    : Luas kebun 625
                     Biaya memagar Rp25.000,-/m2
Ditanyakan : Berapa biaya untuk memagar keliling kebun tersebut
Jawab


Keliling suatu persegi dapat diketahui jika panjang sisinya diketahui
Luas persegi = panjang sisi × panjang sisi
Panjang sisi =
 

Ternyata kita harus menghitung akar dari 625. Bagaimana caranya?

Permasalah tersebut di atas dapat diselesaikan dengan cara Calandra. Menentukan akar bilangan kuadrat dengan tersebut dapat digunakan untuk bilangan-bilangan yang nilainya besar.

  • Ambil dua digit dari belakang, sehingga yang diperhatikan terlebih dahulu 1 angka terdepan, yaitu angka 6 merupakan bilangan akar yang dicari.

  • Carilah perkalian dari dua bilangan yang sama atau mendekati dari angka pertama bilangan akar yang dicari. Jika sudah ditemukan, maka angka tersebut menjadi angka pertama hasil akar tersebut. Nilai akar dari 6 yang mendekati adalah 2, karena 2 × 2 = 4, bukan 3 karena 3 × 3 = 9, sudah melebihi 6.

  • Kurangi angka pertama dari akar tersebut dengan hasil kuadrat angka yang dihasilkan dari langkah sebelumnya (angka 2 x 2 = 4), jangan lupa tuliskan angka 2 sebagai hasil akar bilangan yang pertama.

  • Jumlahkan angka yang didapat di langkah kedua, letakkan sejajar dengan hasil pengurangan di langkah sebelumnya. Angka yang didapat adalah 2. Jumlahkan 2 + 2 = 4, tuliskan di bawahnya seperti gambar di samping. Turunkan dua digit angka berikutnya (25).

  • Cari perkalian bilangan yang memenuhi “(penjumlahan bilangan di langkah sebelumnya) … ×… ” dengan mengisi titik-titik tersebut dengan angka yang sama, namun hasilnya tidak melebihi angka hasil pengurangannya. Untuk contoh di atas,  4... × … berarti empat puluh berapa kali berapa yang hasilnya kurang dari atau sama dengan 225. Ternyata hasilnya adalah 5. 


  • Kalikan angka tersebut dan jangan lupa tuliskan angka dari titik-titik tadi sebagai hasil bilangan akar berikutnya. 45 × 5 = 225.

  • Kurangi lagi seperti langkah di atas.

Jika hasilnya sudah nol, maka akar dari bilangan kuadrat sudah didapat


Jadi  




Dengan demikian panjang sisi kebun adalah 25 m. Keliling kebun = 4 × 25 m = 100 m. Biaya yang diperlukan untuk memagar adalah 100 × Rp25.000,00 = Rp2.500.000,00





Artikel Terkait

Cara Menyelesaikan Akar Bilangan Pangkat Dua dalam Kehidupan Sehari-hari
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email