Mar 21, 2018

Kamu Pasti Bisa Mengerjakan Soal Ujian Sekolah


Pelaksanaan ujian sekolah sudah semakin dekat. Banyak siswa menjadikan momok bahwa ujian adalah hal yang menyeramkan. Apalagi bagi siswa SMP dan SMA diera sekarang yang serba digital ujian sekolah tidak lagi melingkari lembar jawab atau LJK namun sudah langsung menggunakan perangkat komputer sebagai media penyampaian soal sekaligus juga menjawabnya. Ujian ini sering disebut dengan UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer). Sedangkan di tingkat yang lebih bawah yaitu tingkat sekolah dasar/ SD UNBK ini tidak diterapkan. Meskipun jenjang sekolah dasar tidak menerapkan namun masih banyak kekhawatiran dari guru pengampu kelas VI. Hal ini bisa dilihat dari usaha yang mereka lakukan, seperti mengadakan jam tambahan bagi siswa kelas VI sampai mengadakan bintek bedah kisi-kisi 3 mapel. Kegiatan semacam itu memang bagus dilakukan dalam rangka usaha meraih hasil yang memuaskan dalam pelaksanaan ujian.

Ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan dalam upaya meraih sukses ujian sekolah berstandar nasional. Diantaranya yaitu :

  1. Selalu kita tanamkan kepada anak didik kita agar mengerjakan soal yang paling mudah terlebih dahulu. Strategi ini mungkin dianggap sepele, namun jika kita terapkan dengan baik akan membantu peserta didik kita. Sebagai contoh bila soal yang sulit itu dikerjakan terlebih dahulu maka akan menyita waktu yang sangat banyak. Padahal ada soal lain yang lebih mudah untuk dikerjakan dan sudah pasti dapat dijawab dengan benar. Untuk menamankan kepada peserta didik kita latih peserta didik untuk membaca sekilas (skimming) soal ujian yang akan dikerjakan.         
  2. Teknik atau cara mengisi Lembar Jawab Komputer (LJK). Kelihatannya membuleti lembarjawab adalah masalah yang sepele. Namun faktanya terkadang ketika peserta didik menemukan jawaban tapi belum yakin, karena kebiasaan mereka akan langsung membuleti dan buletanya tebal, ini akan berdampak ketika akan beralih ke jawaban yang lain. Karena tebalnya akhirnya susah dihapus dan bisa bisa sobek karena menghapusnya terlalu kuat. Nah sebaiknya tanamkan pada peserta didik kita buletanya jangan tebal tebal dulu, terus nanti ketika sudah yakin betul baru ditebalin.   
  3. Sering berlatih atau membaca soal. Dengan sering membaca soal maka peserta didik akan mudah memahami bentuk bentuk soal yang ada dalam ujian sehingga dapat dengan mudah untuk mengerjakannya. Membaca atau berlatih mengerjakan soal ini juga akan memberi dampak rasa percaya diri pada peserta didik kita.



Nah, itu tadi adalah teknik sederhana yang terkadang kita sepelekan dalam pelaksanaan ujian, baik ujian nasional ataupun yang lainnya. Untuk menambah wawasan pada peserta didik kita dalam perbendaharaan soal berikut kami berikan contoh soal pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika, dan Ilmu Pengetahuan alam.



Soal Matematika

                            Soal Bahasa Indonesia



Soal Ilmu Pengetahuan Alam / IPA

Artikel Terkait

Kamu Pasti Bisa Mengerjakan Soal Ujian Sekolah
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email