Apr 6, 2018

Petunjuk Penggunaan Aplikasi Rapor Kurikulum 13


Salam jumpa sob, pada kesempatan kali ini admin akan memberikan penjelasan mengenai aplikasi rapor semester 2 yang telah admin berikan. Pada intinya penggunaannya masih sama dengan aplikasi yang semester 1. Baiklah kita mulai saja dari awal.

Seperti terlihat pada gambar di atas, gambar di atas adalah menu untuk menuju sheet yang akan digunakan untuk mengolah nilai. Mulai dari data siswa, nilai sikap, pengetahuan, keterampilan, sampai deskripsi dan cetak rapor.

Dimulai dari input data siswa. Untuk mengisi data siswa kita pilih DATA, nantinya kita akan diarahkan ke sheet yang berisi data seperti gambar di bawah. Sebelum melengkapi data sekolah dan siswa untuk memunculkan nama SD sesuai dengan SD sob mengajar maka perlu mengisi kode yang berjumlah 10 digit angka.


Isi data yang ditandai warna merah, mulai dari nama sekolah sampai dengan KKM satuan pendidikan. KKM satuan pendidikan ini nanti akan dijadikan dasar untuk menghitung rentang predikat secara otomatis pada setiap sheet nilai pengetahuan dan sheet nilai keterampilan. KKM satuan pendidikan diambil dari KKM kelas yang paling rendah dari satuan pendidikan tersebut. Jika menginginkan KKM sesuai dengan KKM kelas maka predikat dapat diinput secara manual pada setiap sheet nilai pengetahuan dan sheet keterampilan.
Cara menghitung rentang predikat yaitu nilai maksimal dikurangi KKM dibagi tiga, tiga diperoleh dari jumlah predikat selain D (A, B, dan C). Contoh jika kita mengunakan KKM satuan pendidikan 60 maka untuk menghitung rentang predikat seperti di bawah ini.
Sehingga panjang interval untuk setiap predikat adalah 13 maka untuk setiap mata pelajaran rentang predikatnya seperti tabel di bawah ini
Selanjutnya pada sheet data kita juga harus mengisi data yang berkaitan dengan siswa atau peserta didik. Mulai dari nama lengkap (menggunakan huruf kapital) dan nama panggilan (menggunakan huruf kecil karena nantinya akan masuk kebagian deskripsi), NIS, NISN, data tinggi badan dan berat badan, kondisi kesehatan, prestasi, ketidak hadiran dan naik atau tidak naik (untuk semester 1 tidak ada). Seperti gambar di bawah ini
Jika sheet data sudah terisi semua kita kembali ke menu dengan cara klik tulisan menu berwarna kuning dasar hitam. Kemudian kita isikan nilai sikap sepiritual dan sikap sosial. Seperi contoh

Ketik nilai sikap dengan angka 1, 2, atau 3. Angka 3 menunjukkan sikap menonjol positif pada aspek tersebut. Angka 2 menunjukkan tidak ada catatan di jurnal pada aspek tersebut. Sedangkan angka 1 menunjukkan sikap menonjol negatif pada aspek tersebut. Untuk nilai sikap sosial juga sama cara mengisinya.

Setelah nilai sikap terisi selanjutnya mengisi nilai aspek pengetahuan untuk setiap KD. Pada aplikasi ini nilai KD aspek pengetahuan, untuk nilai harian menggunakan nilai sub tema. Jika sob sudah menilai berdasarkan pembelajaran maka tinggal dijadikan sub tema alias dirata-rata. Pada aspek pengetahuan ini juga ada nilai PTS dan nilai PAT namun bobotnya lebih tinggi nilai harian. Untuk penghitungan nilai akhir atau nilai rapor seperti di bawah ini.
Nilai Akhir jika ada PTS

Nilai Akhir jika tidak ada PTS

Untuk itu jika hasil akhir berbeda dengan kalkulasi kalkulator itu karena pada aplikasi ini nilai harian diberi bobot 2 seperti pada rumus di atas.

Baiklah kita menuju sheet aspek pengetahuan. Agar lebih jelasnya sob bisa pantengin gambar di bawah ini.

Isi nilai harian sesuai dengan KD disetiap sub tema, masukan pula nilai PTS sesuai dengan KD, dan yang terakhir masukan nilai PAT sesuai hasil yang diperoleh oleh peserta didik. Maka secara otomatis pada kolom NA dan Deskripsi akan terisi sesuai KD tertinggi dan KD terendah pada kolom NA.





Menuju ke sheet aspek keterampilan. Dalam aspek keterampilan yang perlu kita nilai adalah kinerja/ praktik, produk, dan proyek. Acuan yang digunakan dalam menilai keterampilan adalah capaian tertinggi (optimum). 
Mengisinya hampir sama dengan cara mengisi nilai aspek pengetahuan, bedanya tidak ada nilai PTS dan PAT dan pada aspek keterampilan penilainnya berdasarkan yang sudah admin jelaskan di atas.

Setelah semua terisi baik data, aspek sepiritual, aspek sosial, nilai pengetahuan, dan nilai keterampilan selanjutnya kita menuju sheet nilai angka
Pada gambar di atas terlihat nilai dan predikat mupel Agama dan PJOK masih kosong. Untuk itu perlu sob isi dengan nilai yang diperoleh dari guru Agama dan PJOK. Nilai ini nantinya akan dijadikan untuk mengisi blangko rapor.

Lanjut ke sheet Deskripsi. Pada sheet deskripsi tidak bisa langsung masuk ke blangko rapor tetapi harus dipindahkan dulu ke sheet deskripsi edit. Caranya blok cell yang mau dipindahkan isinya kemudian copy dan dipaste pada sheet deskripsi edit.
Setelah nilai sikap, pengetahuan, keterampilan, nilai angka dan predikat serta deskripsi sudah dipindahkan ke sheet deskripsi edit maka langkah selanjutnya adalah mencetak rapor. Ketika kita mencetak rapor, kita harus pilih nomor sesuai nomor absen seperti gambar di bawah. 

Yang terakhir cetak rapor dengan menggunakan kerta A4, karena sudah diukur untuk kertas A4 agar lebih hemat dan juga marginnya sesuai. Oia sebelum sob ngeprin alangkah baiknya diteliti ulang supaya tidak ada kekeliruan atau kurang.

Demikian tadi penjelasan dari admin cara menggunakan aplikasi rapor kurtilas semester 2, mudah-mudahan dapat membantu sob sekalian.

Download versi demo disini

Full versi WA: 085229535251 (off)

Artikel Terkait

Petunjuk Penggunaan Aplikasi Rapor Kurikulum 13
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

4 komentar

May 26, 2018 at 9:50 PM delete

SANGAT BERMANFAAT ... TERIMAKASIH .

Reply
avatar
November 30, 2018 at 10:19 PM delete

Saya mau ngisi nilai koq cell-nya di protect. Ketika mau saya unprotect perlu password. Sudah saya pakai password yang 10 digit tidak mau? Mohon solusi...

Reply
avatar
December 1, 2018 at 3:17 PM delete

maaf cell yang mana yang keprotek? untuk kelas berapa?
untuk PTS memamang ada yang diprotek, karena KD nya tidak masuk dalam PTS

Reply
avatar