May 7, 2018

Aplikasi Penilaian Agama Islam Kurikulum 2013 Terbaru



Salam jumpa sob. Penilaian Akhir Tahun kurikulum 2013 tinggal menghitung hari. Persiapan nilai untuk pengisian rapor sudah harus dikerjakan. Namun terkendala waktu yang tersita oleh berbagaimacam kegiatan seperti US Praktik, Ujian Sekolah Tulis dan yang terakhir USBN yang baru kemarin selesai. Tapi tenang sob, sekarang jamannya milenial jadi tidak usah hawatir apalagi dalam memproses nilai persiapan rapor. Dijaman yang serba aplikasi ini saya bagikan aplikasi penilaian agama islam kurikulum 2013 terbaru.

Aplikasi ini akan membatu sob sekalian yang sudah menerapkan kurikulum 2013. Baiklah saya akan kasih tutorialnya saya ya sob, nanti aplikasinya bisa sob download pada link yang sudah saya sediakan.

Seperti pada tampilan di atas terdiri dari 3 tombol menu untuk masing-masing kelas yaitu menu data dan KKM, nilai pengetahuan, dan nilai keterampilan. Untuk menggunakan aplikasi ini sangat mudah, karena berbasis office excel jadi semua yang bisa mengoperasikan office excel dijamin bisa menggunakan aplikasi ini.
Yang pertama kali harus dibuka adalah menu data dan KKM dimenu ini sob input nama panggilan siswa sob, kenapa nama panggilan karena nama panggilan ini yang nantinya digunakan dalam deskripsi muatan mupel berdasarkan KD tertinggi dan KD terendah. Jadi ingat ya sob, hanya nama panggilan. Kemudian setelah selesai input nama panggilan sob input KKM nya. Ketika sob input KKM nya secara otomatis akan dibuatkan rentang predikat yang sesuai dengan petunjuk pada panduan penilaian revisi 2016. Jadi sob tidak usah menghitung lagi rentang predikatnya.

Untuk lebih jelasnya sob bisa lihat pada gambar di bawah ini. Maaf ya sob gambarnya sederhana.

Ingat ya sob, kalau mau kembali ke menu klik ikon rumah yang warna biru itu ya. Setelah data dan KKM terisi langkah selanjutnya ke menu dan pilih tombol nilai pengetahuan. Maka akan tampil seperti ini sob,


Nah, disitu terlihat kolom nilai harian, PTS dan PAT. Sob tinggal isi saja mulai dari nilai harian sesuai dengan pembelajaran yang sudah sob lakukan, kemudian nilai PTS sesuai dengan hasil PTS yang sudah dilaksanakan dan yang terakhir nilai PAT yang sebentar lagi akan dilaksanakan bersama tepat dibulan Ramadhan.


Oia sob, untuk nilai harian bobotnya lebih tinggi dari nilai PTS dan PAT jadi nanti sob jangan bingung ketika di NA=Nilai Akhir tidak sama dengan rata-rata yang sob hitung. Karena ini sudah otomatis ya sob. Setelah semua terisi maka hasilnya akan seperti tampilan di bawah ini sob


Nah ini yang nantinya kita setorkan ke guru kelas ya sob, sob tinggal copas aja nilai, predikat, beserta deskripsinya lalu setorkan kepada guru kelas sesuai kelas masing-masing. OK sob, samapi lupa. Masih ada satu lagi sob yaitu nilai keterampilan, nilai keterampilan dapat sob buka pada menu ditombol keterampilan. Tampilannya juga sederhana sob, jadi tidak ribet.


Masukan nilai keterampilan yang sudah sob punya ya, jangan lupa sesuikan dengan kolomnya. Mulai dari kinerja, produk, dan proyek selama satu semester. Jika sudah terisi semua maka hasilnya sama seperti di atas sob


Jika mau disetorkan ke guru kelas caranya sama sob tinggal copas dan serahkan kepada guru kelas masing-masing. Semoga membantu
Oia untuk aplikasi rapor guru kelas bisa pesan ya sob, tapi maaf ya sob, sob saya mintai sedikit donasi untuk sekedar ganti kopi dan perawatan blog ini.

APLIKASI PENILAIAN AGAMA ISLAM KURIKULUM 2013 Terbaru

Download disini sob

1. Kelas 1 dan 4 download disini 

(mohon yang per 28-05-2018 jam 12.27 sudah download kelas 1 dan 4 agar download kembali karena yang sebelumnya ada kekeliruan pada KD keterampilan terimakasih)

2. Kelas 2 dan 3 download disini

3. Kelas 5 dan 6 download disini

4. Analisis PAT Tahun 2017/2018 klik disini

Artikel Terkait

Aplikasi Penilaian Agama Islam Kurikulum 2013 Terbaru
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

1 komentar:

December 14, 2019 at 12:12 AM delete

yg kelas 1 dan 4 nggak bisa di download bro

Reply
avatar