May 13, 2018

Begini Caranya HP Android Untuk Scan QR Code


Saat ini penggunaan QR code tidak hanya pada produk atau barang, tetapi sudah digunakan oleh semua orang pada hasil karyanya, entah itu bentuk barang atau data digital seperti web bahkan link url. Sebenarnya apa sih QR code itu?. QR kode merupakan bentuk evolusi dari kode batang atau orang sering menyebutnya dengan barcode. Penggunaan QR code saat ini sedang tren dikalangan imers. Biasanya oleh online shop digunakan untuk menyimpan data pengiriman karena lebih simpel dan mudah daripada ketik manual datanya. Kemudahan menggunakan QR code ini karena bermunculannya penyedia layanan QR code online.

Nah.. permasalahannya bagaimana cara membaca QR code ini?. Sebenarnya sangat mudah untuk membaca QR code jika kita memiliki smartphone atau hp android. Kita tinggal download saja aplikasinya di play store. Banyak aplikasi pembaca QR code yang disediakan oleh para pengembang secara gratis. Cara menggunakannya pun terbilang sangat mudah. Kita tinggal mengarahkan kamera smartpone kita ke arah gambar QR code yang akan kita baca datanya.

Baiklah kali ini saya bagikan tips cara menggunakan android untuk scan QR code. Langkah awal yang harus kita lakukan adalah punya hp android terlebih dahulu.. :-D. Ok serius ya.. buka aplikasi google play/ play store di hp kita. Ketik barcode scaner pada menu pencarian maka akan muncul aplikasi-aplikasi scaner QR code. Ada puluhan aplikasi, tapi saya sarankan pilih aplikasi yang bernama Barcode Scanner, karena file nya kecil jadi lebih ringan dan tidak menyita ruang penyimpanan android kita.




Kita klik aplikasi yang bernama Barcode Scanner kemudian ketika muncul permintaan persetujuan kita klik trima. Tunggu sampai proses download aplikasi Barcode Scaner selesai dan terinstal di android kita baru bisa kita gunakan.


Aplikasi Barcode Scanner yang sudah terinstal kita coba buka untuk menscan kode QR.
Caranya klik aplikasi Barcode Scanner nanti akan terbuka kamera hp kita. Setelah itu arahkan kamera ke kode QR tadi, tunggu sampai aplikasi memindai dan memunculkan data yang terdapat pada kode QR yang kita scan tadi.

Sekarang coba scan kode QR yang berada disamping, jika aplikasi berjalan normal maka hasilnya akan seperti gambar yang berda di paling atas.

Nah, bagi teman-teman yang kemarin saya kirimi kode QR di grup whatsApp silahkan scan kode QR nya. Nanti teman-teman akan dapatkan sebuah link URL untuk download aplikasi penilaian kurikulum 2013 untuk kelas 1 dan kelas 4. Mudah-mudahan dengan perkembangan teknologi sekarang yang semakin cepat kita dapat mengikutinya sehingga kita tidak gaptek.

Terimakasih mudah-mudahan menjadi pengalaman yang berguna. Silahkan share (bukan sare=tidur ya,, :-D share = bagikan)

Artikel Terkait

Begini Caranya HP Android Untuk Scan QR Code
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email