May 30, 2019

Bagaimana Mengisi Nilai Rapor Pada Dapodik 2019.e



Assalamu'alaikum Wr. Wb. Bapak/ibu yang saya hormati, saya ucapkan selamat menjalankan ibadah puasa 1440 H, semoga ketaqwaan kita kepada Alloh SWT semakin bertambah. Bapak/ibu dipenghujung bulan Ramadhan ini sekaligus penghujung tahun ajaran 2018/2019 pastinya kesibukan semakin bertambah baik yang berkaitan dengan keluarga apalagi yang kaitanya dengan pekerjaan sebagai seorang pendidik. Pada kesempatan ini akan saya bahas Bagaimana mengisi nilai rapor pada dapodik 2019.e.

Pertama kali yang harus kita lakukan adalah mendownload preffil rapor yang telah disediakan oleh kemdikbud pada laman http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/unduhan#prefill  dengan cara pilih unduh prefill sesuai provinsi bapak/ibu kemudian pilih prefill rapor. Untuk prefill rapor biasanya ada pada baris paling akhir.

klik tautan prefill yang berda di bawah Dan untuk Prefill Rapor, kemudian bapak/ibu akan diminta memasukan user name, pasword, dan kode registrasi dapodik bapak/ibu kemudian klik GENERATE, jika data yang bapak/ibu yang telah dimasukan tadi benar maka prefill akan ter generate kemudian klik download.
klik download, setelah terdownload file prefill tadi dimasukan ke folder C Windows prefill_dapodik.

paste di dalam folder prefill_dapodik. Kemudian buka aplikasi dapodik bapak/ibu untuk melakukan registrasi prefill rapor yang tadi sudah ada di folder prefill_dapodik. Caranya buka aplikasi dapodik kemudian pilih menu |Pengaturan| 

Cari data prefill rapor kemudian klik prefill rapor masukan username, kode registrasi dan pasword dapodik lalu klik masukan data. Tunggu sampai proses berhasil. Setelah berhasil maka kita tinggal membuat Mata evaluasi rapor dari kelas 1 sampai dengan kelas 6 dengan cara klik menu rapor kemudian pada Menu Mata evaluasi pilih tahun ajaran yang akan kita buatkan mata evaluasinya dan disebelah kanan pilih kelasnya. Untuk mempercepat pekerjaan pembuatan mata evaluasi dapat kita gunakan menu salin template mata evaluasi yang terletak di bagian bawah.

Klik Salin Template Mata Evaluasi kemudian pilih Rombel yang akan kita jadikan acuan dalam pembuatan template mata evaluasi | catatan : ketika memilih rombel sebagai acuan perhatikan kesamaan jumlah muatan pelajarannya |

setelah dipilih klik salin dan tutup, dengan cara ini maka pekerjaan kita akan menjadi ringan. dan lakukan langkah tersebut sampai Mata Evaluasi Kelas 6. Setelah terisi semua mata evaluasinya selanjutnya kita isi nilai pada masing-masing muatan pelajaran. Untuk mempermudah dan mempercepat pekerjaan sebaiknya bapak/ibu download format excel untuk mengisi nilai tersebut dengan cara klik 2x pada muatan pelajaran yang dipilih kemudian pada tabel sebelah kanan klik Export dan Import pilih Unduh Format Excel untuk Impor. Lakukan untuk semua mupel kemudian berikan file excel tersebut kepada guru masing-masing untuk diisi

Setelah selesai diisi kita tinggal melakukan penginputan nilai tersebut dengan cara sama seperti di atas namun yang kita pilih sekarang adalah Impor dari file excel.

Mudah-mudahan dapat membatu, sekian Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

Artikel Terkait

Bagaimana Mengisi Nilai Rapor Pada Dapodik 2019.e
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email