Dec 9, 2021

RPP Kurikulum 2013 Tema 7 Kelas 3


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan      : Sekolah Dasar
Kelas/ Semester          : 3/2(Genap)
Tema                           : 7. Energi dan Perubahannya
Subtema                      : 1. Sumber Energi
Pembelajaran              : 1
Alokasi Waktu            : 1 hari (5 x 35 Menit)

A.  Kompetensi Inti (KI)
1.   Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.  Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya  diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air.
3.  Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati, menanya, dan   mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan di tempat bermain.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis, dan kritis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, serta dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.  Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
1.2 Meresapi keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan makhluk hidup, hidup sehat, benda dan sifatnya, energi dan perubahan, bumi dan alam semesta.
2.1 Memiliki kepedulian dan rasa tanggung jawab terhadap makhluk hidup, energi, dan perubahan iklim, serta bumi dan alam semesta melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah.
3.1 Menggali informasi dari teks laporan informatif hasil observasi tentang perubahan wujud benda, sumber energi, perubahan energi, energy alternatif, perubahan iklim dan cuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta alam semesta dengan bantuan guru dan teman dalam  bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
4.1 Mengamati dan mengolah isi teks laporan informatif hasil observasi tentang perubahan  wujud benda, sumber energi, perubahan energi, energi alternatif, perubahan iklim dan cuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta alam semesta secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
Matematika
1.1   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.3 Memiliki sikap terbuka, objektif, menghargai pendapat dan karya teman sebaya dalam diskusi kelompok maupun aktivitas seharihari.
3.14 Menentukan perbandingan data menggunakan tabel , grafik batang, dan grafik lingkaran
4.11 Mengumpulkan, mencatat, menata, menyajikan data menggu-nakan tabel dan grafik batang


SBdP
1.1   Memuji keunikan kemampuan manusia dalam berkarya seni dan berkreativitas sebagai anugerah Tuhan.
2.3   Menunjukkan perilaku disiplin, tanggung jawab, dan kepedulian terhadap alam sekitar melalui karya seni
3.1   Mengenal karya seni gaya dekoratif
4.3   Menghias benda gaya dekoratif dengan media yang ada di lingkungan sekitar

C.  Indikator
Bahasa Indonesia
1.2.1   Menunjukkan sikap bersyukur atas keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan makhluk hidup, benda dan sifatnya, energi dan perubahan, bumi dan alam semesta.
2.1.1 Memiliki kepedulian dan rasa tanggung jawab terhadap makhluk hidup, energi, dan perubahan iklim, serta bumi dan alam semesta melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah.
3.1.1   Mengidentifikasii teks laporan informatif tentang sumber energy secara lisan atau tulis dengan tepat
3.1.2   Menguraikan gagasan pokok teks laporan informatif tentang sumber energi secara lisan atau tulis dengan tepat
4.1.1   Menceritakan kembali isi teks laporan informatif tentang sumber energy secara lisan atau tulis dengan tepat.
4.1.2   Menyusun gagasan berupa teks laporan informatif tentang sumber energi secara tertulis dengan tepat
Matematika
1.1.1   Menunjukkan sukap menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.2.1   Menunukkan sikap rasa ingin tahu dan ketertarikan pada matematika yang terbentuk melalui pengalaman belajar.
3.14.1 Membandingkan data berupa grafik batang yang diamatinya
4.11.1Membuat grafik batang berdasarkan data yang sudah diperoleh.
SBdP
1.1.1   Menunjukkan sikap bersyukur atas keunikan kemampuan manusia dalam berkarya seni dan berkreativitas sebagai anugerah Tuhan.
2.3.1   Menunjukkan perilaku disiplin, tanggung jawab, dan kepedulian terhadap alam sekitar melalui karya seni
3.1.1   Mengidentifikasi karya seni gaya dekoratif
3.1.2   Mengidentiifikasi alat dan media yang dibutuhkan untuk membuat karya seni dekoratif
4.3.1   Membuat karya dekoratif dengan menggunakan benda-benda 3 dimensi yang ada di lingkungan sekitar

D.  Tujuan Pembelajaran
1. Dengan menyimak teks laporan yang disampaikan oleh guru, siswa dapat mengidentifikasi teks laporan informatif tentang sumber energi dengan tepat dan percaya diri.
2. Dengan mempelajari teks laporan tentang sumber energi siswa dapat menjelaskan kembali isi teks laporan tentang sumber energi dengan tepat dan percaya diri.
3. Dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan siswa dapat menguraikan isi teks laporan informatif tentang sumber energi dengan tepat.
4. Dengan mengamati contoh, siswa dapat menyusun teks laporan informatif tentang sumber energi secara lisan atau tulis dengan tepat dan penuh tanggung jawab.
5. Dengan mengamati gambar siswa dapat mengidentifikasi karya seni dekoratif yang menggunakan bahan-bahan yang ada di sekitar, dengan tepat.
6. Dengan memperhatikan demonstrasi yang ditunjukkan guru, siswa dapat merancang karya seni dekoratif dengan menggunakan benda-benda tiga dimensi yang ada di sekitar.
7. Setelah merancang, siswa dapat membuat karya seni dekoratif dengan menggunakan benda-benda tiga dimensi yang ada di sekitar.
8. Dengan pengamatan gambar, siswa dapat mengidentifikasi grafik batang dengan tepat.
9. Dengan menyimak penjelasan guru, siswa dapat membaca grafik batang dengan tepat.

E. Materi Pembelajaran
Bahasa Indonesia : teks Laporan informative tentang sumber energi
Matematika : operasi bilangan pembagian  konversi waktu
SBdP : karya dekoratif dengan menggunakan benda-benda tiga dimensi yang ada di sekitar.

F.   Metode dan Pendekatan Pembelajaran
Metode : Tanya Jawab, Diskusi, Eksperimen, Pemberian Tugas
Pendekatan : Saintifik

G. Media dan Alat Pembelajaran
Sumber :Buku Siswa dan buku guru
Alat :
1. Gambar macam-macam sumber energi (matahari, air, tanah, dan udara atau angin).
2. Gambar grafik batang.
3. Gambar contoh hasil karya seni hias dari benda-benda tiga dimensi (seperti bijibijian, gulungan kertas).
4. Biji-bijian.
5. Lem yang kuat daya lekatnya.
Media : Laptop, LCD, screen CD pembelajaran, papan tulis, spidol

H.  Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi Waktu
Pendahuluan
• Guru menjelaskan tujuan pembelajaran.
 Siswa mengucapkan salam dan berdoa
• Guru melakukan presensi
• Guru melakukan apersepsi dengan menjelaskan topik pelajaran yang akan dimulai dan mengaitkan dengan pembelajaran sebelumnya.
• Guru menyampaikan tema dan tujuan pembelajaran
15 menit
INTI
• Guru mengawali pembelajaran dengan menunjukkan gambar beberapa jenis sumber energi, siswa mengamati gambar tersebut
• Guru menggugah rasa ingin tahu siswa dan memotivasi untuk mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan gambar yang diamati.
• Kemudian siswa menyimak cerita guru tentang sumber energi seperti diceritakan di buku teks. Guru juga menjelaskan bahwa matahari merupakan sumber energi terbesar.
• Untuk membuktikan bahwa matahari merupakan salah satu sumber energi, guru meminta siswa melakukan percobaan tentang Matahari adalah Sumber Energ, terlampir

• Setelah melakukan percobaan siswa diminta menyampaikan
hasilnya di depan kelas.
• Sambil mendengarkan laporan dari masing-masing kelompok, guru melakukan konfirmasi terhadap kesimpulan-kesimpulan yang disampaikan.
•Guru melakukan diskusi hasil percobaan dan melakukan tanya jawab dengan siswa.
•Di sela-sela diskusi dan penjelasan, guru selalu memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya.
•Guru melanjutkan pembahasan tentang pemanfaatan energi matahari.
• Guru menjelaskan bahwa matahari selain memiliki energi cahaya juga menghasilkan energi panas.
Bagaimana panas disebut sebagai energi maka guru kembali meminta siswa melakukan percobaan berjudul “Panas adalah Energi” seperti tercantum pada buku teks halaman 6.
• Guru melakukan tanya jawab seputar hasil percobaan yang dilakukan.
• Guru melengkapi penjelasan tentang bagaimana pemanfaatan energi panas dalam kehidupan seharihari.
• Siswa dibentuk menjadi kelompok-kelompok.
• Siswa mendiskusikan beberapa pertanyaan yang terkait dengan materi yang sedang dibahas.
• Guru mengamati proses diskusi, sambil melakukan penilaian sikap.
• Masing-masing kelompok diminta menyampaikan hasil diskusinya di depan kelas.
• Siswa menyampaikan hasil diskusi kelompoknya secara bergantian.
• Setelah menyampaikan hasil diskusi siswa membuat kesimpulan dengan pengarahan guru tentang hasil diskusi.
• Siswa menyimak penjelasan guru bahwa salah satu sumber energi adalah tumbuh-tumbuhan. Di antara tumbuh-tumbuhan ada yang menghasilkan biji-bijian. Selain sumber makanan biji-bijian juga dapat digunakan untuk membuat karya dekoratif.
Guru menjelaskan sekilas tentang apa itu karya dekoratif dan menunjukkan contoh yang ada di buku teks. Guru juga bisa menyiapkan contoh karya yang sudah dibuat sebelumnya.
• Siswa menyimak penjelasan cara membuat karya dekoratif dari biji-bijian.
• Kemudian siswa membuat karya dekoratif dengan media biji-bijian, dengan tema “Matahari Sumber Energi”.
• Setelah selesai siswa diminta merapikan bekas-bekas pekerjaannya.
• Hasil karya yang sudah dibuat dipajang di kelas.
• Setelah memajang hasil karyanya, siswa kembali ke tempat duduk dan mendengar penjelasan guru tentang rencana kegiatan selanjutnya.
• Siswa memperhatikan data yang ditampilkan dalam bentuk diagram batang, yang sudah disiapkan guru sebelumnya.
Guru memberi kesempatan siswa untuk menyampaikan apa yang ingin mereka ketahui dari diagram batang tersebut. Guru menstimulasi siswa dengan menyampaikan bahwa ada
Guru menjawab pertanyaan-pertanyaan yang disampaikan oleh siswa, dengan tujuan untuk menjelaskan tentang diagram batang dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari serta bagaimana cara membaca data pada diagram batang.
• Setelah menyimak penjelasan guru, siswa menjawab soal yang berkaitan dengan cara membaca grafik batang.
• Sebagai penutup guru mereview semua kegiatan yang sudah dilakukan seharian dan meminta siswa melakukan refleksi kegiatan hari itu.
140 menit
Penutup
• Siswa merangkum kegiatan pembelajaran hari ini
• Guru menganalisis nilai, remedial, pengayaan, tindak lanjut
• Siswa mendapat tugas dirumah kerjasama dengan orang tua
• Siswa berdoa pulang dan mengucapkan salam
25 menit

I.     Penilaian
Aspek sikap : Observasi
Aspek pengetahuan : Tes tertulis dan observasi
Aspek keterampilan : Unjuk kerja

Artikel Terkait

RPP Kurikulum 2013 Tema 7 Kelas 3
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email