Dec 9, 2021

Cara Menggabungkan File Pdf Jadi Satu File

Teman-teman operator simpeg yang saya hormati, pada kesempatan kali ini saya akan membagikan cara menggabungkan beberapa file pdf menjadi satu file. Pada waktu lalu Badan Kepegawain Daerah (BKD) Kabupaten Pekalongan menginformasikan bahwa untuk melengkapi biodata pegawai dilingkungan Kabupaten Pekalongan setiap pegawai diharapkan untuk mengunggah arsip elektronik. Arsip elektronik yang harus diunggah adalah file hasil scan dokumen asli yang dimiliki oleh setiap pegawai, file tersebut berupa file berektensi pdf. Namun yang menjadi kendala adalah bagaimana menggabungkan file hasil scan tersebut menjadi satu file yang berektensi pdf.
Untuk menggabungkan file PDF tersebut ada dua cara yaitu melalui aplikasi offline dan  online. Jika kita akan menggabungkan file pdf secara offline ada beberapa software tambahan baik yang gratis alias free atau yang berbayar.


Berikut Cara Menggabungkan File Pdf Menjadi Satu File

1. Menggabungkan file PDF secara online dengan menggunakan Smallpdf
    Dengan menggunakan Smallpdf kita membutuhkan koneksi internet yang stabil jika file yang kita gunakan berukuran besar. Namun dengan menggunakan Smallpdf akan lebih mudah karena kita tidak perlu menginstall ke komputer maupun laptop kita. Baiklah berikut langkah-langkah menggunakan Smallpdf.
  • Yang harus kita lakukan pertama adalah menggunjungi laman https://smallpdf.com/merge-pdf
  • Setelah itu unggah file pdf pertama kemudian untuk menambahkan file lainnya klik Add more PDFs. seperti gambar di bawah ini
 
  • Lakukan langkah ini sampai semua file pdf yang ingin kita gabung terunggah semua.
  • Tunggu sampai hasil unggahan selesai 100%
  •  Kemudian yang terakhir klik MERGE PDF!

  •  Tunggu sampai proses selesai setelah selesai klik Download File Now 

 



    Untuk menyimpannya di komputer atau laptop kita. Tapi jika kita ingin menyimpannya di Dropbox atau Google Drive kita tinggal klik logo Dropbox atau Google Drive yang berada di samping Download File Now
2. Menggabungkan file PDF dengan Menggunakan Aplikasi PDF Mate
     Solusi yang kedua bagi yang tidak ingin menggunggah file atau terkendala dengan koneksi internet yang ada atau koneksi internetnya kurang stabil maka cara pilihannya adalah dengan menggabungkan file pdf secara offline dengan aplikasi gratis yang bernama PDF Mate. Berikut akan saya jelaskan cara menggunakan aplikasi PDF Mate.
   
  • Jalankan aplikasi PDF Mate yang sudah di instal, kemudian tambahkah file yang akan kita gabungkan dengan cara klik pada Add Files





  •  Tentukan pilihan yang diinginkan. Pilih 1N1 jika tampilannya ingin menjadi satu halaman ke bawah, kemudian klik Build dan tunggu sampai proses selesai.
Demikianlah cara menggabungkan file PDF mejadi satu file baik secara online maupun offline dengan bantuan aplikasi PDF Mate. Mudah-mudahan dapat membantu rekan-rekan operator yang sedang mencari-cari aplikasi untuk menggabung file pdf. 

Artikel Terkait

Cara Menggabungkan File Pdf Jadi Satu File
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email