Dec 9, 2021

RPP untuk guru SD yang sudah memuat Eksplorasi Elaborasi dan Konfirmasi



Contoh RPP Kelas 3 Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan

Rencanan Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)


Nama Sekolah             :   SDN  MENDOLO
Mata Pelajaran            :   Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/Semester           :   III / 1
Alokasi Waktu             :   3 minggu

A.      STANDAR KOMPETENSI
1.
Mengamalkan makna Sumpah Pemuda

B.      KOMPETENSIDASAR
-       Mengenal makna Satu Nusa, Satu Bangsa, dan Satu Bahasa

C.      INDIKATOR
-       Mendefinisikan arti Sumpah Pemuda
-       Menjelaskan latar belakang terwujudnya Sumpah Pemuda
-       Menjelaskan tujuan Kongres Pemuda I dan II
-       Menjelaskan makna Sumpah Pemuda
-       Menyebutkan manfaat persatuan dan kesatuan

D.      MATERI POKOK
-       Makna Satu Nusa, Satu Bangsa, dan Satu Bahasa

E.       TUJUAN PEMBELAJARAN
-       Siswa dapat mendefinisikan arti Sumpah Pemuda
-       Siswa dapat menjelaskan latar belakang terwujudnya Sumpah Pemuda
-       Siswa dapat menjelaskan tujuan Kongres Pemuda I dan II
-       Siswa dapat menjelaskan makna Sumpah Pemuda
-       Siswa dapat menyebutkan manfaat persatuan dan kesatuan

F.       MetodE Pembelajaran
1.       Informasi
2.       Diskusi
3.       Tanya jawab
4.       Demontrasi
5.       Pemberian tugas

G.      Langkah-langkah pembelajaran
1.       Kegiatan Awal
Apresepsi :
Ć¼  Mengisi daftar kelas, berdo’a , mempersiapkan materi ajar, model dan alat peraga.
Ć¼  Memotivasi siswa untuk mengeluarkan pendapat.
Ć¼  Mengajukan beberapa pertanyaan materi minggu yang lalu

2.       Kegiatan Inti
Minggu  I
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
PKn                                                                                                                               
Ć¼  Guru menceritakan secara singkat sejarah Sumpah Pemuda
Ć¼  Siswa menanggapi cerita yang disampaikan
Ć¼  Guru membacakan teks Sumpah Pemuda
Minggu  II
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Ć¼  Siswa mendiskusikan nilai-nilai Sumpah Pemuda dari Narasi yang diberikan guru
Ć¼  Siswa dan guru menyimpulkan materi yang berhubungan dengan nilai-nilai sumpah pemuda
Minggu III
Pertemuan pertama : 6 x 35 menit (IPA, PKn, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Ć¼  Siswa mendiskusikan mengenai pengamalan nilai-nilai Sumpah Pemuda
Ć¼  Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas
Ć¼  Kelompok lain menanggapi hasil laporan tiap kelompok
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
Ć¼  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
Ć¼  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
Ć¼  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
Ć¼  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
Ć¼  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
Ć¼  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
Ć¼  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
Ć¼  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

C. Kegiatan Akhir
Dalam kegiatan Akhir, guru:
Ć¼  Guru mengajukan pertanyaan sekitar materi yang diajarkan
Ć¼  Siswa mengumpulkan tugas sesuai materi yang diajarkan
Ć¼  Guru dan siswa menyimpulkan materi yang diajarkan

H.       ALAT DAN SUMBER BELAJAR
Sumber belajar :
1.     Buku Pendidikan Kewarganegaraan
Alat Peraga
1.     Teks Sumpah Pemuda

I.         PENILAIAN
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh Instrumen
§  Mendefinisikan arti Sumpah Pemuda
§  Menjelaskan latar belakang terwujudnya Sumpah Pemuda
§  Menjelaskan tujuan Kongres Pemuda I dan II
§  Menjelaskan makna Sumpah Pemuda
§  Menyebutkan manfaat persatuan dan kesatuan
Tes lisan Tes tertulis
uraian
isian
§  Jelaskanlah arti Sumpah Pemuda
§  Jelaskanlah latar belakang terwujudnya Sumpah Pemuda
§  Jelaskanlah tujuan Kongres Pemuda I dan II
§  Jelaskanlah makna Sumpah Pemuda
§  Sebutkan manfaat persatuan dan kesatuan



v   Kriteria Penilaian      
1. Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1
               
2. Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Kerjasama



Partisipasi
* bekerjasama
* kadang-kadang kerjasama
* tidak bekerjasama

* aktif  berpartisipasi
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
4
2
1

4
2
1

3. Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Kerjasama
Partisipasi
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10..










  CATATAN :

  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
                                                                                        

Mengetahui,
Kepala Sekolah




......................................
NIP. ............................

Mendolo, .................
Guru Kelas III





...............................
NIP. .......................

Artikel Terkait

RPP untuk guru SD yang sudah memuat Eksplorasi Elaborasi dan Konfirmasi
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email