Contoh RPP Kelas 3 Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan
Rencanan Pelaksanaan
Pembelajaran
(RPP)
Nama Sekolah : SDN MENDOLO
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/Semester : III
/ 1
Alokasi Waktu : 3 minggu
A. STANDAR
KOMPETENSI
1.
|
Mengamalkan
makna Sumpah Pemuda
|
B. KOMPETENSIDASAR
-
Mengenal makna Satu Nusa, Satu
Bangsa, dan Satu Bahasa
|
C. INDIKATOR
-
Mendefinisikan
arti Sumpah Pemuda
-
Menjelaskan
latar belakang terwujudnya Sumpah Pemuda
-
Menjelaskan tujuan Kongres Pemuda I
dan II
-
Menjelaskan makna Sumpah Pemuda
-
Menyebutkan manfaat persatuan dan
kesatuan
|
D. MATERI
POKOK
-
Makna Satu Nusa, Satu Bangsa, dan
Satu Bahasa
|
E. TUJUAN
PEMBELAJARAN
-
Siswa
dapat mendefinisikan
arti Sumpah Pemuda
-
Siswa
dapat
menjelaskan latar belakang terwujudnya Sumpah Pemuda
-
Siswa
dapat
menjelaskan tujuan Kongres Pemuda I dan II
-
Siswa
dapat
menjelaskan makna Sumpah Pemuda
-
Siswa
dapat
menyebutkan manfaat persatuan dan kesatuan
|
F. MetodE Pembelajaran
1. Informasi
2. Diskusi
3. Tanya
jawab
4. Demontrasi
5. Pemberian
tugas
G. Langkah-langkah
pembelajaran
1.
Kegiatan
Awal
Apresepsi :
Ć¼
Mengisi daftar kelas, berdo’a , mempersiapkan materi
ajar, model dan alat peraga.
Ć¼
Memotivasi siswa untuk mengeluarkan pendapat.
Ć¼ Mengajukan
beberapa pertanyaan materi minggu yang lalu
2.
Kegiatan
Inti
Minggu I
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi,
guru:
PKn
Ć¼
Guru menceritakan secara singkat sejarah Sumpah Pemuda
Ć¼
Siswa menanggapi cerita yang disampaikan
Ć¼ Guru membacakan teks Sumpah Pemuda
Minggu II
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi,
guru:
Ć¼
Siswa mendiskusikan nilai-nilai Sumpah Pemuda dari Narasi
yang diberikan guru
Ć¼ Siswa
dan guru menyimpulkan materi yang berhubungan dengan nilai-nilai sumpah pemuda
Minggu
III
Pertemuan pertama : 6 x 35 menit (IPA, PKn, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi,
guru:
Ć¼
Siswa mendiskusikan mengenai pengamalan nilai-nilai
Sumpah Pemuda
Ć¼
Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya di
depan kelas
Ć¼ Kelompok
lain menanggapi hasil laporan tiap kelompok
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
guru:
Ć¼
membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang
beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
Ć¼
memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas,
diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun
tertulis;
Ć¼
memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis,
menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
Ć¼
memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif
dan kolaboratif;
Ć¼
memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat
untuk meningkatkan prestasi belajar;
Ć¼
memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi
yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
Ć¼
Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui
siswa
Ć¼
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan
pemahaman, memberikan penguatan dan
penyimpulan
C.
Kegiatan Akhir
Dalam kegiatan Akhir, guru:
Ć¼
Guru mengajukan pertanyaan sekitar materi yang diajarkan
Ć¼
Siswa mengumpulkan tugas sesuai materi yang diajarkan
Ć¼
Guru dan siswa menyimpulkan materi yang diajarkan
H.
ALAT DAN SUMBER BELAJAR
Sumber belajar :
1. Buku
Pendidikan Kewarganegaraan
Alat Peraga
1.
Teks Sumpah Pemuda
I.
PENILAIAN
Penilaian
dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
§ Mendefinisikan
arti Sumpah Pemuda
§ Menjelaskan
latar belakang terwujudnya Sumpah Pemuda
§ Menjelaskan
tujuan Kongres Pemuda I dan II
§ Menjelaskan
makna Sumpah Pemuda
§ Menyebutkan
manfaat persatuan dan kesatuan
|
Tes lisan Tes tertulis
|
uraian
isian
|
§ Jelaskanlah
arti Sumpah Pemuda
§ Jelaskanlah
latar belakang terwujudnya Sumpah Pemuda
§ Jelaskanlah
tujuan Kongres Pemuda I dan II
§ Jelaskanlah
makna Sumpah Pemuda
§ Sebutkan
manfaat persatuan dan kesatuan
|
v
Kriteria Penilaian
1. Produk ( hasil
diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
2. Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Kerjasama
Partisipasi
|
* bekerjasama
* kadang-kadang kerjasama
* tidak bekerjasama
* aktif berpartisipasi
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
|
4
2
1
4
2
1
|
3. Lembar Penilaian
No
|
Nama
Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
|
Kerjasama
|
Partisipasi
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10..
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
Mengetahui,
Kepala Sekolah
......................................
NIP. ............................
|
Mendolo, .................
Guru Kelas III
...............................
NIP. .......................
|
RPP untuk guru SD yang sudah memuat Eksplorasi Elaborasi dan Konfirmasi
4/
5
Oleh
Aldhel Oezank