Apr 19, 2018

Cara Menyusun Format Penilaian Sikap Kurikulum 2013


Setelah melakukan perencanaan penilaian sikap untuk menilai peserta didik dalam proses pembelajaran maupun diluar pembelajaran langkah selanjutnya adalah menyusun format penilaian sikap yang digunakan untuk mencatat hasil pengamatan terhadap peserta didik yang akan dinilai sikapnya. 

Format penilaian sikap dapat dibuat sedemikan rupa agar proses penilaian sikap dapat dilakukan secara mudah dan praktis.

Format penilaian sikap terdiri dari jurnal, penilaian diri peserta didik, dan penilaian antar teman. Untuk menyusun format penilaian sikap langkah yang perlu kita lakukan adalah membuat form jurnal harian yang digunakan untuk mencatat perilaku peserta didik sesuai dengan butir sikap yang akan kita amati serta tindak lanjut terhadap sikap peserta didik yang sudah diamati. Jika form jurnal sudah kita buat langkah kedua yaitu membuat form penilaian diri peserta didik. Penilaian diri merupakan bentuk penilaian yang meminta peserta didik untuk mengemukakan sikap dan perilaku yang positif dan negatif dari dirinya. Instrumennya berupa lembar penilaian diri. Mengapa penilaian diri dilakukan? Penilaian diri dilakukan sebagai alat konfirmasi terhadap catatan yang ada pada jurnal. Dalam membuat lembar penilaian diri pertanyaannya disesuaikan dengan butir-butir sikap pada indikator yang dinilai.
Dan yang ketiga membuat form penilaian antar teman. Penilaian antarteman merupakan bentuk penilaian yang meminta peserta didik untuk saling menilai sikap dan perilaku keseharian dari temannya. Penilaian antar teman berfungsi sebagai alat konfirmasi terhadap penilaian yang dilakukan oleh pendidik. Penilaian atar teman paling baik dilakukan pada saat peserta didik melakukan kegiatan kelompok.

Instrumen penilaian antarteman berupa lembar penilaian yang berisi butir-butir pertanyaan sikap positif yang diharapkan dengan menggunakan kolom "YA" atau "TIDAK" dan juga dapat menggunakan skala likert. Sebagai gambaran dalam menyusun format penilaian sikap kurikulum 2013 berikut ini beberapa sampel instrumen yang digunakan untuk melakukan penilaian sikap terhadap peserta didik.

1. Jurnal sikap spiritual  (download)
2. Lembar penilaian diri peserta didik  (download)
3. Lembar penilaian antar teman model "YA" atau "TIDAK"   (download)
4. Lembar penilaian antar teman model skala Likert   (download)

Setelah semua format penilaian sikap kurikulum 2013 tersusun dan sudah digandakan sebanyak peserta didik kita maka kita dapat melaksanakan penilaian sikap.

Baca Juga : Pelaksanaan penilaian sikap

Artikel Terkait

Cara Menyusun Format Penilaian Sikap Kurikulum 2013
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email