Pada
penilaian sikap diasumsikan bahwa setiap peserta didik memiliki perilaku yang
baik. Perilaku yang menonjol bisa positif dan bisa negatif (positif=sangat baik atau negatif=perlu bimbingan) yang dijumpai selama
proses pembelajaran ditulis dalam jurnal atau catatan pendidik. Apabila tidak
ada catatan perlu bimbingan di dalam jurnal, peserta didik tersebut dikategorikan
berperilaku baik, jika catatanya menonjol positif maka dikategorikan berperilaku sangat baik.
Cara Perencanaan
penilaian sikap dilakukan berdasarkan KI-1 dan KI-2. Pendidik merencanakan dan menetapkan
sikap yang akan dinilai dalam pembelajaran sesuai dengan kegiatan pembelajaran.
Pada penilaian sikap di luar pembelajaran pendidik dapat mengamati sikap lain
yang muncul secara natural.
Langkah-langkah cara perencanaan penilaian sikap sebagai berikut:
1. Menentukan
sikap yang akan diamati di sekolah mengacu pada KI-1 dan KI-2
2. Menentukan
indikator sikap
Contoh indikator sikap pada KI-1
No
|
Sikap
|
Indikator
|
1.
|
Ketaatan
beribadah
|
Ø perilaku
patuh dalam melaksanakan ajaran agama yang dianutnya
Ø mau
mengajak teman seagamanya untuk melakukan ibadah bersama
Ø mengikuti
kegiatan keagamaan yang diselenggarakan sekolah
Ø melaksanakan
ibadah sesuai ajaran agama, misalnya: shalat dan puasa
Ø merayakan
hari besar agama
Ø melaksanakan
ibadah tepat waktu
|
2.
|
Berperilaku
syukur
|
Ø mengakui kebesaran
Tuhan dalam menciptakan alam semesta
Ø menjaga kelestarian
alam, tidak merusak tanaman
Ø tidak mengeluh
Ø selalu merasa
gembira dalam segala hal
Ø tidak berkecil hati
dengan keadaannya
Ø suka memberi atau
menolong sesama
Ø selalu berterima
kasih bila menerima pertolongan
Ø menerima perbedaan
karakteristik sebagai anugerah Tuhan
Ø selalu menerima
penugasan dengan sikap terbuka
Ø berterima kasih
atas pemberian orang lain
|
3.
|
Berdoa
sebelum dan sesudah melakukan kegiatan
|
Ø berdoa sebelum dan
sesudah belajar
Ø berdoa sebelum dan
sesudah makan
Ø mengajak teman
berdoa saat memulai kegiatan
Ø mengingatkan teman
untuk selalu berdoa
|
4.
|
Toleransi
dalam beribadah
|
Ø tindakan yang
menghargai perbedaan dalam beribadah
Ø menghormati teman
yang berbeda agama
Ø berteman tanpa
membedakan agama
Ø tidak mengganggu
teman yang sedang beribadah
Ø menghormati hari
besar keagamaan lain
Ø tidak menjelekkan
ajaran agama lain
|
Contoh indikator sikap pada KI-2
No
|
Sikap
|
Indikator
|
1.
|
Jujur
merupakan perilaku yang didasarkan pada upaya menjadikan dirinya sebagai orang yang selalu dapat dipercaya, selaras dalam perkataan dan tindakan |
·
tidak berbohong
• tidak
mencontek
• mengerjakan
sendiri tugas yang diberikan pendidik, tanpa menjiplak tugas orang lain
• mengerjakan
soal penilaian tanpa mencontek
• mengatakan
dengan sesungguhnya apa yang terjadi atau yang dialaminya dalam kehidupan seharimhari
• mau
mengakui kesalahan atau kekeliruan
• mengembalikan
barang yang dipinjam atau ditemukan
• mengemukakan
pendapat sesuai dengan apa yang diyakininya, walaupun berbeda dengan pendapat
teman
• mengemukakan
ketidaknyamanan belajar yang dirasakannya di sekolah
·
membuat laporan kegiatan kelas secara terbuka
(transparan)
|
2.
|
Peduli
merupakan
sikap dan tindakan yang selalu ingin memberi bantuan kepada orang lain atau masyarakat
yangmembutuhkan
|
·
ingin tahu dan ingin membantu teman yang kesulitan
dalam pembelajaran, perhatian kepada orang lain berpartisipasi dalam kegiatan
sosial di sekolah, misal: mengumpulkan sumbangan untuk membantu yang sakit
atau kemalangan meminjamkan alat kepada teman yang tidak membawa/memiliki
·
menolong teman yang mengalami kesulitan
·
menjaga keasrian, keindahan, dan kebersihan
lingkungan sekolah
·
melerai teman yang berselisih (bertengkar)
·
menjenguk teman atau pendidik yang sakit
·
menunjukkan perhatian terhadap kebersihan
kelas dan lingkungan sekolah. |
3.
|
Disiplin
merupakan
tindakan yang menunjukkan perilaku tertib dan patuh pada berbagai ketentuan dan
peraturan
|
·
mengikuti peraturan yang ada di sekolah
·
tertib dalam melaksanakan tugas
·
hadir di sekolah tepat waktu
·
masuk kelas tepat waktu
·
memakai pakaian seragam lengkap dan rapi
·
tertib mentaati peraturan sekolah
·
melaksanakan piket kebersihan kelas
·
mengumpulkan tugas/pekerjaan rumah tepat waktu
·
mengerjakan tugas/pekerjaan rumah dengan baik
·
membagi waktu belajar dan bermain dengan baik
·
mengambil dan mengembalikan peralatan belajar
pada tempatnya
·
tidak pernah terlambat masuk kelas
|
4.
|
Tanggung jawab
merupakan sikap dan perilaku peserta didik untuk melaksanakan tugas
dan kewajibannya, yang seharusnya dilakukan terhadap diri sendiri,
masyarakat, lingkungan, negara, dan Tuhan Yang Maha Esa
|
·
menyelesaikan tugas yang diberikan
·
mengakui kesalahan
·
melaksanakan tugas yang menjadi kewajibannya di
kelas seperti piket kebersihan
·
melaksanakan peraturan sekolah dengan baik
·
mengerjakan tugas/pekerjaan rumah sekolah dengan
baik
·
mengumpulkan tugas/pekerjaan rumah tepat waktu
·
mengakui kesalahan, tidak melemparkan kesalahan
kepada teman
·
berpartisipasi dalam kegiatan sosial di
sekolah
·
menunjukkan prakarsa untuk mengatasi
·
masalah dalam kelompok di kelas/sekolah
·
membuat laporan setelah selesai melakukan kegiatan
|
5.
|
Santun
merupakan perilaku hormat pada orang lain dengan bahasa yang baik
|
·
menghormati orang lain dan menghormati cara bicara
yang tepat
·
menghormati pendidik, pegawai sekolah, penjaga
kebun, dan orang yang lebih tua
·
berbicara atau bertutur kata halus tidak kasar
·
berpakaian rapi dan pantas
·
dapat mengendalikan emosi dalam menghadapi masalah,
tidak marah-marah
·
mengucapkan salam ketika bertemu pendidik, teman,
dan orang-orang di sekolah
·
menunjukkan wajah ramah, bersahabat, dan tidak
cemberut
·
mengucapkan terima kasih apabila menerima bantuan
dalam bentuk jasa atau barang dari orang lain
|
6.
|
Percaya diri
Merupakan suatu keyakinan atas kemampuannya sendiri untuk melakukan kegiatan
atau tindakan
|
·
berani tampil di depan kelas
·
berani mengemukakan pendapat
·
berani mencoba hal baru
·
mengemukakan pendapat terhadap suatu topik atau
masalah
·
mengajukan diri menjadi ketua kelas atau pengurus
kelas lainnya
·
mengajukan diri untuk mengerjakan tugas atau soal
di papan tulis
·
mencoba hal-hal baru yang bermanfaat
·
mengungkapkan kritikan membangun terhadap karya
orang lain
·
memberikan argumen yang kuat untuk mempertahankan
pendapat
|
Setelah perencanaan penilaian sudah kita buat selanjutnya adalah menyusun format penilaian sikap
Baca : Cara Menyusun Format Penilaian Sikap Kurikulum 2013
Baca : Cara Menyusun Format Penilaian Sikap Kurikulum 2013
Cara Perencanaan Penilaian Sikap
4/
5
Oleh
Aldhel Oezank