Oct 1, 2017

Contoh RPP Kelas 3 Tema 5 Kurikulum 2013 Tahun 2017


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan      : Sekolah Dasar
Kelas/ Semester          : 3/2(Genap)
Tema                           : 5. Mengenal olahraga dan permainan tradisional
Subtema                      : 1. Olahraga tradisional di daerahku
Pembelajaran              : 1
Alokasi Waktu             : 1 hari (5 x 35 Menit)

A.  Kompetensi Inti (KI)
1.   Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.  Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya  diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air.
3.  Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati, menanya, dan   mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan di tempat bermain.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis, dan kritis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, serta dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.  Kompetensi Dasar
Matematika
1.1 Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianut.
2.1 Memiliki rasa ingin tahu dan ketertarikan pada matematika yang terbentuk melalui pengalaman belajar.
3.7 Menemukan sifat simetri bangun datar (melalui kegiatan menggunting dan melipat atau  cara lainnya), simetri putar dan pencerminan menggunakan bendabenda konkret
4.3 Membuktikan simetri putar yang dimiliki  oleh suatu bangun datar Mengumpulkan dan  mengelola data pokok kategorikal dan menyajikannya dalam grafik konkrit dan piktograf tanpa  menggunakan urutan label pada sumbu.
Bahasa Indonesia
1.2 Meresapi keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan makhluk hidup, hidup sehat, benda dan sifatnya, energi dan perubahan, bumi dan alam semesta.
2.2 Memiliki kedisiplinan dan tanggung untuk hidup sehat serta merawat hewan dan tumbuhan melalui pemanfaatan Bahasa Indonesia.
3.5 Menggali informasi dari teks permainan/dolanan daerah tentang kehidupan hewan dan tumbuhan dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.5 Mendemonstrasikan teks permainan/dolanan daerah tentang kehidupan hewan dan tumbuhan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
SBdP
1.1 Memuji keunikan kemampuan manusia dalam berkarya seni dan berkreativitas sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.
2.1 Menunjukkan sikap berani mengekspresikan diri dalam berkarya seni
3.5 Memahami makna karya seni budaya dengan bahasa daerah setempat.
4.17 Menceritakan makna karya seni budaya dengan bahasa daerah setempat.

C.  Indikator
Matematika
1.1.1 Menunjukkan sikap taat beribadah menjalankan ajaran agama yang dianut.
2.1.1  Menunjukkan sikap emiliki rasa ingin tahu dan ketertarikan pada matematika yang terbentuk melalui pengalaman belajar.
3.7.1 Menemukan sifat simetri bangun datar menggunakan benda konkret.
4.3.1 Membuktikan simetri putar yang dimiliki oleh suatu bangun datar.
Bahasa Indonesia
1.2.1 Menunjukkan sikap bersyukur atas keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan makhluk hidup, hidup sehat, benda dan sifatnya, energi dan perubahan, bumi dan alam semesta.
2.2.1 Menunjukkan sikap disiplin dan tanggung untuk hidup sehat serta merawat hewan dan tumbuhan melalui pemanfaatan Bahasa Indonesia.
3.5.1 Mengidentifikasi informasi berdasarkan teks tentang permainan/ dolanan tradisional.
4.5.1 Menceritakan kembali teks petunjuk melakukan suatu permainan tradisional tentang kehidupan hewan dan tumbuhan dengan tepat.
SBdP
1.1.1 Menunjukkan sikap bersyukur atas  keunikan kemampuan manusia dalam berkarya seni dan berkreativitas sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.
2.1.1 Menunjukkan sikap berani mengekspresikan diri dalam berkarya seni
3.5.1 Mengidentifikasi karya seni budaya daerah.
4.17 Mengklasifikasikan karya seni budaya setempat.

D.  Tujuan pembelajaran
1. Dengan membaca teks laporan mengenai olahraga tradisional Indonesia, siswa dapat menjawab pertanyaan tentang olahraga tradisional Indonesia secara lisan dengan percaya diri.
2. Dengan menjawab pertanyaan teks laporan mengenai olahraga tradisional Indonesia, siswa dapat mengidentifikasi isi teks laporan secara lisan dengan percaya diri.
3. Dengan mengamati gambar karya seni tradisional, siswa dapat mengidentifikasi karya seni tradisional dengan tepat.
4. Dengan membuat layang layang, siswa dapat menemukan sifat simetri bangun datar dengan cermat.
5. Dengan kegiatan melipat kertas, siswa dapat membuktikan simetri lipat pada bangun datar dengan cermat.
6. Dengan mengamati gambar karya seni tardisional, siswa dapat mengidentifikasi daerah asal karya seni dengan tepat.

E.  Materi Pembelajaran
Matematika : simetri lipat pada bangun datar
SBdP : karya seni tradisional
Bahasa Indonesia: laporan mengenai olahraga tradisional Indonesia

F.   Metode dan Pendekatan Pembelajaran
Metode : Tanya Jawab, Diskusi, Eksperimen, Pemberian Tugas
Pendekatan : Saintifik

G. Media dan Alat Pembelajaran
Alat peraga :
1. Gambar karya seni tradisional seperti tarian, lukisan, kain batik, kain
tenun, dan patung.
2. Layang-layang
3. Kertas lipat berwarna
4. Penggaris
5. Spidol
Sumber : buku guru, buku siswa
Media : LCD Laptop, screen, speaker, Papan tulis

H.  Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi Waktu
Pendahuluan
Siswa mengucapkan salam dan berdoa
• Guru melakukan presensi
• Guru melakukan apersepsiyaitu :
Pada awal pembelajaran siswa diarahkan untuk menjawab pertanyaan guru yaitu:
~~Apakah olahraga kesukaanmu?
~~Apakah olahraga tradisional di daerahmu?
• Siswa diberikan kesempatan untuk mengemukakan pendapatnya.
• Guru mengingatkan siswa mengenai olahraga egrang yang pernah dipelajari pada saat siswa di kelas 4
 • Guru menyampaikan tema dan tujuan pembelajaran
15 menit
INTI
• Guru menanyakan pendapat siswa mengenai olahraga egrang.
Ayo Belajar
• Siswa membaca teks laporan mengenai olahraga tradisional.
• Guru mengamati kegiatan membaca siswa dan membimbing siswa untuk memahami isi teks laporan.
Ayo Lakukan
• Siswa menjawab petanyaan berkaitan dengan teks laporan yang dibaca.
• Siswa mendiskusikan jawaban yang diberikan.
Ayo Berdiskusi
• Guru mengondisikan siswa ke dalam kelompok. Setiap kelompok terdiri dari 4 siswa.
• Guru memberikan bahan bahan untuk membuat layang-layang kepada setiap kelompok.
• Setiap kelompok membuat layang-layang dengan petunjuk dari guru.
• Guru mengajukan beberapa pertanyaan yaitu,
~~Apakah kamu senang bermain layanglayang?
~~Apa kesulitan dalam membuat layanglayang?
~~Bagaimana bentuk layang-layang?
Ayo Lakukan
• Siswa diminta untuk melipat layang laying secara vertikal. Siswa menebalkan bekas lipatannya denga spidol berwarna.
• Siswa diminta untuk melipat layang-layang secara horizontal. Siswa menebalkan bekas lipatannya denga spidol berwarna.
Ayo Berdiskusi
• Guru mengajukan pertanyaan yaitu,
~~Apakah lipatan vertikal dapat membagi layang layang dua bagian sama besar?
~~Apakah lipatan horizontal dapat membagi layang layang dua bagian sama besar?
• Siswa diberikan kesempatan untuk berdiskusi dan menjawab pertanyaan.
• Guru menjelaskan bahwa jika bangun datar dapat dilipat sehingga menghasilkan dua bagian tepat sama besar, maka bangun datar tersebut memiliki simetri lipat. Bekas lipatannya disebut sumbu simetri.
Ayo Cari Tahu
• Setiap siswa menggambar bangun datar persegi, persegi panjang, segitiga sama kaki, dan segitiga sama sisi pada kertas lipat berwarna.
• Setelah digambar, setiap gambar bangun datar tersebut digunting sesuai garis.
Ayo Amati
• Siswa melakukan percobaan menemukan simetri lipat pada setiap bangun datar yang ada.
• Siswa menuliskan jumlah simetri lipat pada setiap bangun datar pada lembar pengamatan.
Ayo Membaca
• Siswa membaca teks bacaan mengenai karya seni daerah.
• Guru membimbing siswa untuk memahami teks bacaan.
Ayo Belajar
• Guru menunjukkan gambar layang laying dengan berbagai motif.
• Guru menjelaskan bahwa layang-layang adalah salah satu permainan tradisional Indonesia yang memiliki banyak motif.
Ayo Lakukan
• Guru membimbing siswa untuk menggambar layang-layang.
• Siswa menggambar layang-layang dan menghias gambar layang-layang dengan motif batik.
Ayo Belajar
• Siswa mengamati gambar berbagai permainan tradisional seperti wayang orang, pertunjukkan ketoprak, ludruk, dan wayang kulit.
• Guru menjelaskan bahwa permainan tradisional dapat bernilai seni tinggi.
• Guru memberikan contoh permainan tradisional Indonesia yang sudah sangat dikenal masyarakat, bahkan mancanegara adalah seni pertunjukkan wayang.
Ayo Cari Tahu
• Siswa mencari informasi daerah usul wayang kulit, wayang orang, dan wayang golek.
• Siswa membaca teks.
• Siswa menghubungkan isi teks dengan gambar yang sesuai.


Penutup
• Siswa merangkum kegiatan pembelajaran hari ini
• Guru menganalisis nilai, remedial, pengayaan, tindak lanjut
• Siswa mendapat tugas dirumah kerjasama dengan orang tua
• Siswa berdoa pulang dan mengucapkan salam
25 menit

I.     Penilaian
Aspek sikap : Observasi
Aspek pengetahuan : Tes tertulis dan observasi
Aspek keterampilan : Unjuk kerja

                                                                                                       …………………….
Mengetahui                                                                                                Guru Kelas III
Kepala Sekolah     


     ------------------                                                                               --------------------------

Artikel Terkait

Contoh RPP Kelas 3 Tema 5 Kurikulum 2013 Tahun 2017
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email