Satuan
Pendidikan : Sekolah Dasar
Kelas/ Semester : 3/2(Genap)
Tema : 5. Mengenal
olahraga dan permainan tradisional
Subtema : 1. Olahraga tradisional
di daerahku
Pembelajaran : 1
Alokasi Waktu : 1 hari (5 x 35 Menit)
A. Kompetensi Inti (KI)
1. Menerima,
menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2. Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air.
3. Memahami
pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati, menanya, dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, di sekolah dan di tempat bermain.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual
dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis, dan kritis dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, serta dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. Kompetensi Dasar
Matematika
1.1 Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianut.
2.1 Memiliki rasa ingin tahu dan ketertarikan pada
matematika yang terbentuk melalui pengalaman belajar.
3.7 Menemukan sifat simetri bangun datar (melalui kegiatan
menggunting dan melipat atau cara lainnya),
simetri putar dan pencerminan menggunakan bendabenda konkret
4.3 Membuktikan simetri putar yang dimiliki oleh suatu bangun datar Mengumpulkan dan mengelola data pokok kategorikal dan
menyajikannya dalam grafik konkrit dan piktograf tanpa menggunakan urutan label pada sumbu.
Bahasa Indonesia
1.2 Meresapi keagungan Tuhan Yang
Maha Esa atas penciptaan makhluk hidup, hidup sehat, benda dan sifatnya, energi
dan perubahan, bumi dan alam semesta.
2.2 Memiliki kedisiplinan dan
tanggung untuk hidup sehat serta merawat hewan dan tumbuhan melalui pemanfaatan
Bahasa Indonesia.
3.5 Menggali informasi dari teks
permainan/dolanan daerah tentang kehidupan hewan dan tumbuhan dengan bantuan
guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan
kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.5 Mendemonstrasikan teks
permainan/dolanan daerah tentang kehidupan hewan dan tumbuhan secara mandiri
dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa
daerah untuk membantu penyajian.
SBdP
1.1 Memuji keunikan kemampuan manusia dalam berkarya seni dan
berkreativitas sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.
2.1 Menunjukkan sikap berani mengekspresikan diri dalam berkarya seni
3.5 Memahami makna karya seni budaya dengan bahasa daerah setempat.
4.17 Menceritakan makna karya seni budaya dengan bahasa daerah setempat.
C. Indikator
Matematika
1.1.1 Menunjukkan sikap taat beribadah menjalankan
ajaran agama yang dianut.
2.1.1 Menunjukkan
sikap emiliki rasa ingin tahu dan ketertarikan pada matematika yang terbentuk melalui
pengalaman belajar.
3.7.1 Menemukan sifat simetri bangun datar menggunakan benda konkret.
4.3.1 Membuktikan simetri putar yang dimiliki oleh suatu bangun datar.
Bahasa Indonesia
1.2.1 Menunjukkan sikap bersyukur
atas keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan makhluk hidup, hidup sehat,
benda dan sifatnya, energi dan perubahan, bumi dan alam semesta.
2.2.1 Menunjukkan sikap disiplin dan
tanggung untuk hidup sehat serta merawat hewan dan tumbuhan melalui pemanfaatan
Bahasa Indonesia.
3.5.1 Mengidentifikasi informasi berdasarkan teks tentang permainan/ dolanan
tradisional.
4.5.1 Menceritakan kembali teks petunjuk melakukan suatu permainan
tradisional tentang kehidupan hewan dan tumbuhan dengan tepat.
SBdP
1.1.1 Menunjukkan sikap bersyukur atas keunikan kemampuan manusia dalam berkarya seni
dan berkreativitas sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.
2.1.1 Menunjukkan sikap berani mengekspresikan diri dalam berkarya seni
3.5.1 Mengidentifikasi karya seni budaya daerah.
4.17 Mengklasifikasikan karya seni budaya setempat.
D. Tujuan pembelajaran
1. Dengan membaca teks laporan mengenai olahraga
tradisional Indonesia, siswa dapat menjawab pertanyaan tentang olahraga
tradisional Indonesia secara lisan dengan percaya diri.
2. Dengan menjawab
pertanyaan teks laporan mengenai olahraga tradisional Indonesia, siswa dapat
mengidentifikasi isi teks laporan secara lisan dengan percaya diri.
3. Dengan
mengamati gambar karya seni tradisional, siswa dapat mengidentifikasi karya
seni tradisional dengan tepat.
4. Dengan membuat
layang layang, siswa dapat menemukan sifat simetri bangun datar dengan cermat.
5. Dengan kegiatan
melipat kertas, siswa dapat membuktikan simetri lipat pada bangun datar dengan
cermat.
6. Dengan
mengamati gambar karya seni tardisional, siswa dapat mengidentifikasi daerah
asal karya seni dengan tepat.
E. Materi Pembelajaran
Matematika : simetri lipat pada bangun datar
SBdP : karya seni tradisional
Bahasa Indonesia: laporan mengenai olahraga tradisional Indonesia
F.
Metode dan
Pendekatan Pembelajaran
Metode : Tanya Jawab, Diskusi, Eksperimen, Pemberian Tugas
Pendekatan : Saintifik
G.
Media
dan Alat Pembelajaran
Alat peraga :
1. Gambar karya seni tradisional seperti tarian, lukisan, kain batik, kain
tenun, dan patung.
2. Layang-layang
3. Kertas lipat berwarna
4. Penggaris
5. Spidol
Sumber : buku guru, buku siswa
Media : LCD Laptop, screen, speaker, Papan tulis
H.
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
• Siswa mengucapkan salam dan berdoa
• Guru melakukan presensi
• Guru melakukan apersepsiyaitu :
Pada awal pembelajaran siswa diarahkan untuk menjawab
pertanyaan guru yaitu:
~~Apakah olahraga kesukaanmu?
~~Apakah olahraga tradisional di
daerahmu?
• Siswa diberikan kesempatan untuk mengemukakan
pendapatnya.
• Guru mengingatkan siswa mengenai
olahraga egrang yang pernah dipelajari pada saat siswa di kelas 4
• Guru menyampaikan tema dan
tujuan pembelajaran
|
15 menit
|
INTI
|
• Guru menanyakan pendapat siswa
mengenai olahraga egrang.
Ayo Belajar
• Siswa membaca teks laporan
mengenai olahraga tradisional.
• Guru mengamati kegiatan membaca
siswa dan membimbing siswa untuk memahami isi teks laporan.
Ayo Lakukan
• Siswa menjawab petanyaan berkaitan
dengan teks laporan yang dibaca.
• Siswa mendiskusikan jawaban yang
diberikan.
Ayo Berdiskusi
• Guru mengondisikan siswa ke dalam kelompok.
Setiap kelompok terdiri dari 4 siswa.
• Guru memberikan bahan bahan untuk membuat
layang-layang kepada setiap kelompok.
• Setiap kelompok membuat
layang-layang dengan petunjuk dari guru.
• Guru mengajukan beberapa
pertanyaan yaitu,
~~Apakah
kamu senang bermain layanglayang?
~~Apa kesulitan dalam membuat
layanglayang?
~~Bagaimana bentuk layang-layang?
Ayo Lakukan
• Siswa diminta untuk melipat layang
laying secara vertikal. Siswa menebalkan bekas lipatannya denga spidol
berwarna.
• Siswa diminta untuk melipat
layang-layang secara horizontal. Siswa menebalkan bekas lipatannya denga
spidol berwarna.
Ayo Berdiskusi
• Guru mengajukan pertanyaan yaitu,
~~Apakah lipatan vertikal dapat
membagi layang layang dua bagian sama besar?
~~Apakah lipatan horizontal dapat
membagi layang layang dua bagian sama besar?
• Siswa diberikan kesempatan untuk
berdiskusi dan menjawab pertanyaan.
• Guru menjelaskan bahwa jika bangun
datar dapat dilipat sehingga menghasilkan dua bagian tepat sama besar, maka
bangun datar tersebut memiliki simetri lipat. Bekas lipatannya disebut sumbu
simetri.
Ayo Cari Tahu
• Setiap siswa menggambar bangun
datar persegi, persegi panjang, segitiga sama kaki, dan segitiga sama sisi
pada kertas lipat berwarna.
• Setelah digambar, setiap gambar
bangun datar tersebut digunting sesuai garis.
Ayo Amati
• Siswa melakukan percobaan
menemukan simetri lipat pada setiap bangun datar yang ada.
• Siswa menuliskan jumlah simetri
lipat pada setiap bangun datar pada lembar pengamatan.
Ayo Membaca
• Siswa membaca teks bacaan mengenai
karya seni daerah.
• Guru membimbing siswa untuk
memahami teks bacaan.
Ayo Belajar
• Guru menunjukkan gambar layang laying
dengan berbagai motif.
• Guru menjelaskan bahwa
layang-layang adalah salah satu permainan tradisional Indonesia yang memiliki
banyak motif.
Ayo Lakukan
• Guru membimbing siswa untuk
menggambar layang-layang.
• Siswa menggambar layang-layang dan
menghias gambar layang-layang dengan motif batik.
Ayo Belajar
• Siswa mengamati gambar berbagai
permainan tradisional seperti wayang orang, pertunjukkan ketoprak, ludruk,
dan wayang kulit.
• Guru menjelaskan bahwa permainan tradisional
dapat bernilai seni tinggi.
• Guru memberikan contoh permainan tradisional
Indonesia yang sudah sangat dikenal masyarakat, bahkan mancanegara adalah
seni pertunjukkan wayang.
Ayo Cari Tahu
• Siswa mencari informasi daerah usul
wayang kulit, wayang orang, dan wayang golek.
• Siswa membaca teks.
• Siswa menghubungkan isi teks
dengan gambar yang sesuai.
|
|
Penutup
|
• Siswa merangkum kegiatan
pembelajaran hari ini
• Guru menganalisis nilai, remedial,
pengayaan, tindak lanjut
• Siswa mendapat tugas dirumah
kerjasama dengan orang tua
• Siswa berdoa pulang dan
mengucapkan salam
|
25 menit
|
I.
Penilaian
Aspek sikap :
Observasi
Aspek
pengetahuan : Tes tertulis dan observasi
Aspek
keterampilan : Unjuk kerja
…………………….
Mengetahui Guru
Kelas III
Kepala Sekolah
Contoh RPP Kelas 3 Tema 5 Kurikulum 2013 Tahun 2017
4/
5
Oleh
Aldhel Oezank