Sep 28, 2017

Cara Mengisi RKAS Online di SIM http://dindikbudkabpekalongan.com

Cara Mengisi RKAS Online di SIM http://dindikbudkabpekalongan.com. Sebelum kita mengisi RKAS pada laman sim dindikbud kabupaten pekalongan terlebih dahulu kita mendaftar dahulu sebagai operator sekolah sesuai dengan sekolah kita sekarang. 

Untuk mendaftar sebagai operator sekolah kita masuk ke menu login. Seperti terlihat pada gambar di bawah ini.

kemudian klik daftar ops. Isi semua form yang ada. Setelah berhasil mendaftar sebagai ops selanjutnya kita login dengan user dan pasword yang sudah kita daftarkan. Setelah login maka kita akan masuk pada profil sekolah.

Baca : Cara verval PKB 2017 dan Info GTK


Isi profil sekolah kita melalui menu Sekolah, Data master sekolah. isi mulai dari profil sekolah, PTK, PD, Rombel, Prasarana, Sarana melalui menu unggah file. Catatan file yang di unggah adalah file excel format 97-2003, file profil sekolah bisa di download formatnya pada menu profil sekolah kemudian diisi sesuai profil sekolah kita yang kita download dari aplikasi dapodik. Dan untuk PTK, PD, Rombel, Prasarana, Sarana filenya juga sama kita ambil dari aplikasi dapodik.

Setelah profil sekolah semua terisi barulah kita bisa mengisi RKAS melalui menu RKAS isi mulai dari Tim BOS, Uraian penerimaan, Uraian pengeluaran.


Ketika mengisi uraian penerimaan yang harus diperhatikan adalah form-form yang ada di menu uraian penerimaan harus diisi. Kemudian nomer kode penerimaan diisi urut dengan format 01, 02 dst. Dalam menginput angka rupiah diisi tanpa Rp dan tanpa tanda baca titik (.) contoh Rp 1.000 ditulis dengan 1000. Apabila ada Uraian Program/Kegiatan tetapi tidak ada nominal uang maka diisi dengan angka 0 (nol).

Setelah form terisi jangan lupa klik simpan agar pekerjaan anda tidak siasia atau tidak terekam dalam server.

Untuk mengisi penerimaan belanja barang dan jasa serta blanja modal klik tambah data seperti pada gambar di bawah ini.



maka akan muncul form isian. Misalkan akan memasukan ATK maka disamping kanan uraian ATK klik tambah data maka akan muncul form isian tersebut, kemudian pada standar kompetensi pilih sesuai dengan standar kompetensi ATK tersebut berada, setelah itu isi nomer kode sesuai urutan pada RKAS.


 Baca : Cara mengisi PKG online pada http://e-pak.dindikkabpekalongan.com/



Pada menu uraian pengeluaran cara mengisinya hampir sama dengan cara mengisi pada menu uraian penerimaan.



Jika semua terisi mulai dari uraian penerimaan sampai dengan uraian pengeluaran maka kita dapat melihat hasilnya pada menu rekap.



dan menu hasil uraian



Demikian Cara Mengisi RKAS Online di SIM http://dindikbudkabpekalongan.com semoga dapat membantu rekan bendahara sekalian.

Artikel Terkait

Cara Mengisi RKAS Online di SIM http://dindikbudkabpekalongan.com
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email