Sep 6, 2018

Trik Membuat Soal PTS Kurikulum 2013


Bapak/Ibu. Sekedar berbagi pengalaman tentang cara menyusun naskah soal Penilaian Tengah Semester/ PTS. Ketika kita akan menyusun naskah soal PTS yang harus dilakukan adalah :
  1. Menyusun kisi-kisi sesuai dengan tema yang akan kita buat.
  2. Membuat soal PTS sesuai dengan kisi-kisi yang sudah kita buat
  3. Membuat kunci jawab dan penskoran tiap butir soal
Ketika kita akan menyusun kisi-kisi yang harus kita perhatikan adalah kompetensi dasar yang ada pada setiap muatan pelajaran dalam satu tema. Untuk memudahkan kita dalam menyusun kisi-kisi sebaiknya kita sudah melakukan pemetaan KD terlebih dahulu untuk setiap muatan pelajaran didalam satu tema tersebut. Utamanya untuk KD 3 (Pengetahuan).

   Pemetaan KD  dapat Bapak/Ibu download disini

Dari pemetaan KD yang sudah kita buat. Selanjutnya kita masukan kedalam format kisi-kisi. Kemudian kita buat indikator setiap soal. Untuk indikator soal dapat kita ambil dari buku guru pada ruang lingkup pembelajaran atau bisa diambil dari uraian kegiatan pembelajaran (tujuan pembelajaran)
.





Kita sesuaikan indikator dengan muatan pelajarannya. Setelah indikator sudah kita buat langkah berikutnya adalah memilih bentuk soal yang akan kita buat [pilihan ganda] [isian] atau [uraian]. Barulah kita membuat soal sesuai indikator yang sudah kita buat.

Contoh kisi-kisi download disini

Bapak/Ibu, mungkin itu pengalaman yang bisa saya share mudah-mudahan ada manfaatnya.

Aplikasi Laporan PTS download disini

Artikel Terkait

Trik Membuat Soal PTS Kurikulum 2013
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email