Sep 29, 2019

Cara Membuat Laporan Simpers Cepat Sesuai LRA e-BOS


Salam jumpa rekan-rekan pengurus barang persediaan. Rekan-rekan tentunya pernah mengalami kendala saat verifikasi laporan persediaan yang sudah kita kerjakan melalui aplikasi Simpers. Kendala tersebut biasanya jumlah barang atau jumlah harga dari keseluruhan barang persediaan yang sudah kita input ke dalam aplikasi Simpers mengalami perbedaan atau selisih dengan LRA milik bendahara BOS yang sudah kita download dari aplikasi e-BOS. Kejadian semacam ini terkadang membuat kita repot, apalagi jika harus mencari satu-persatu barang yang sudah kita input tadi. Padahal jumlah barang yang sudah kita input kedalam aplikasi Simpers ratusan bahkan sampai ribuan item.

Nah, kali ini akan saya bagikan trik agar kejadian semacam itu tidak terulang. Sekaligus cara ini untuk mengatasi jika bendahara BOS tidak kunjung memberikan nota pembelian sedangkan laporan sudah ditagih oleh Dinas. 

Baiklah, yang pertama harus kita siapkan adalah user dan pasword untuk login ke http://e-bos.dindikbudkabpekalongan.com Mintalah user dan pasword kepada bendahara BOS untuk bisa login ke alamat tersebut. Mengapa kita harus login? Karena data yang akan kita gunakan adalah data valid yang sudah diinput pada aplikasi e-BOS. Dengan menggunakan data dari e-BOS maka secara otomatis jumlah dan harga barang yang kita masukan kedalam aplikasi simpers sudah sesuai dengan LRA pada aplikasi e-BOS tersebut, sehingga ketika ada verifikasi kejadian semacam dapat dihindari.



Setelah masuk ke aplikasi e-BOS, kita pilih realisasi klik bulan yang akan kita ambil datanya, kemudian pada ROB kita klik, setelah muncul jendela print kita close saja sehingga akan tampil ROB seperti di bawah ini. Kemudian blok ROB tersebut dan lalu copy dan paste ke dalam Microsoft Office Excel. Tujuannya agar data yang kita ambil dari ROB mudah untuk kita olah untuk dimasukan ke dalam aplikasi Simpers.



Jika sudah dipaste kedalam Microsoft Office Excel kita atur dahulu kolomnya, sesuaikan agar tulisan dan angkanya terlihat, setelah semua terlihat kita kelompokan uraian yang sudah terealisasi, tandanya pada kolom TGL. BKU sudah terisi dengan tanggal transaksi. Kemudian untuk mengisi kode transaksi pada saat input di aplikasi Simpres, dapat kita gunakan atau melihat pada BKU caranya sama kita klik cetak BKU, kemudian dapat kita copi dan paste di Microsoft Office Excel seperti ketika memcopas LRA.



Pada gambar di atas yang ditandai merah adalah Jenis urian barang yang akan kita masukan kedalam aplikasi Simpers. Untuk membuat rekening APBD pada aplikasi Simpres supaya cepat dan tidak usah mengetik, kita dapat kumpulkan terlebih dahulu Jenis pengelompokannya, apakah ATK, Cetak, Obat, dan Lainnya. Setelah kita kelompokan selanjutnya kita sort dan kita buat kode barangnya. Kode depannya kita sesuaikan dengan kode pada aplikasi Simpres, ini untuk memudahkan kita saat input dan mengelompokan jenis barangnya. Ketika membuat kode rekening APBD kita dapat menggunakan fungsi and (&) pada Microsoft Office Excel caranya seperti di bawah.



Pada kolom kode APBD, No. Urut barang, dan Gabungan kode APBD dan No. Urut barang kita buat satu kemudian kita tarik/ seret kursor di belakang kolom yang terblok maka secara otomatis akan urut. Jika ini telah selesai maka kita tinggal copy dan paste kedalam aplikasi Simpers pada input Rekening APBD. Mudah mudahan dapat membantu jika ada kendala silahkan tinggalkan komentar di bawah. Sekian terima kasih.

Artikel Terkait

Cara Membuat Laporan Simpers Cepat Sesuai LRA e-BOS
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email