Apr 15, 2020

Cara Verval Pengawas PMP dan Pakta Intergritas


Assalamu'alaikum selamat malam rekan operator. Kemarin kita dapat kabar yang isinya pemberitahuan seperti ini :

info dari pusat pukul 14 April 2020 18.15 WIB 

Cuttoff tidak menutup pendataan PMP, hanya pengambilan data waktu tertentu.. Pengisian dan Sync masih bisa berjalan

Jadi sekolah dan pengawas tidak usah panik menggempur server dgn syncron terburu2. 

Pastikan pengisian selesai - Hitung rapor mutu - sinkronisasi - lapor pengawas untuk diverval.


Standar PTK/Sarpras yang masih Nol sedang diperbaiki dan diproses di server. Mohon bersabar ditunggu saja, lakukan sync seminggu 1x untuk mengecek data PTK sudah masuk ke EDS atau belum.

Kemudian ada perintah agar Quesioner PMP nya untuk di verval/ diverifikasi. Sebenarnya tugas verifikasi adalah tugas dari pengawas. Mungkin karena keterbatasan waktu sehingga operator diminta untuk membantu Pengawas dalam melakukan verifikasi dan validasi. Terus bagaimana caranya?

Untuk melakukan verifikasi dan validasi terlebih dahulu kita masuk ke web  http://manajemen.pmp.kemdikbud.go.id/beranda kemudian klik logo gembok pada sebelah kanan atas untuk login menjadi pengawas.


Setelah klik logo kunci/ gembok maka kita akan diarahkan ke halaman login atau bisa langsung klik alamat berikut http://manajemen.pmp.kemdikbud.go.id/login Kemudian isi User Name Email dengan NIP pengawas dan Pasword juga menggunakan NIP pengawas.


Setelah berhasil login maka dibagian atas akan terdapat tombol-tombol menu mulai dari Cek pakta integritas, Formulir Superfisi, Kunjungan Supervisi, Profil Pengguna, Progres Pengiriman dan yang terakhir adalah tombol Verval Rapor Mutu.


Karena kita disuruh verval maka kita pilih Verval Rapor Mutu. Syarat agar bisa dilakukan verifikasi dan validasi/ verval yaitu sekolah binaan sudah menghitung rapor mutunya pada Aplikasi EDS PMP 2019 setelah dilakukan hitung rapor mutu kemudian dilakukan sinkron. Untuk melakukan verifikasi klik tanda belum yang yang ada silang merah.


Yang bisa dilakukan verval adalah sekolah dengan keterangan Selesai dihitung jadi jika diklik tombol silang merah dengan tulisan belum maka akan muncul menu untuk melakukan verval. Kemudian tinggal klik tanda drop down maka muncul 3 pilihan :
  1. Belum diverifikasi
  2. Setuju
  3. koreksi

Jika nilai sudah sesuai dengan keadaan maka tinggal pilih setuju. Jika belum maka pilih koreksi. Setelah semua tersimpan selanjutnya klik simpan verifikasi pada bawah komponen standar. Kemudian klik tombol Pakta Integritas yang ada disampingnya.
(catatan walaupun kita sudah diberi kewenangan melakukan verval sebelum simpan verval sebaiknya konsultasikan dahulu dengan Pengawas dan Kepala Sekolah)

Setelah Pengawas melakukan verifikasi maka yang harus dilakukan operator adalah sinkron kembali untuk dapat melihat hasil verval rapor mutu pada aplikasi PMP 2019. Hasil setelah dilakukan singkron pada aplikasi tahap nomer 3 akan berubah menjadi ceklis.


Demikian sedikit penjelasan tentang bagaimana cara verval PMP 2019 oleh Pengawas bina sekolah. Mudah-mudahan dapat membantu. silahkan share agar rekan operator lain juga dapat mengetahui alurnya. Sekian Wasalamualaikum.

Artikel Terkait

Cara Verval Pengawas PMP dan Pakta Intergritas
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email