Aug 29, 2018

Psiko-Edukatif Pendidikan Anak Sekolah Dasar

A. Latar Belakang
     Didasari prinsip setiap peserta didik memiliki potensi untuk berkembang secara optimal. Selain itu peserta didik memiliki keunikan hal ini sesuai dengan prinsip perkembangan individu. Prinsip perkembangan individu ini seperti kecerdasan, bakat, minat, kepribadian, kondisi fisik, latarbelakang keluarga, lingkungan tempat tinggal, agama, tradisi, adat dan budaya.
    
Bimbingan psiko edukatif merupakan upaya pemenuhan variasi kebutuhan pengembangan potensi peserta didik secara utuh dan optimal.

B. Tujuan Bimbingan Psiko-edukatif
     Tujuan umum bimbingan psiko edukatif adalah membantu peserta didik agar dapat mencapai kematangan, kemandirian, dan tugas-tugas perkembangannya yang mencakup aspek pribadi, sosial, dan belajar secara utuh dan optimal.

     Tujuan khusus bimbingan psiko edukatif diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Membantu dan melayani peserta didik agar mampu mengenal dan memahami diri sendiri.
  2. Mengenali lingkungan fisik dan sosial dalam beradaptasi dan penyesuaian pribadi.
  3. Membantu peserta didik agar berhasil menjalani masa peralihan dari lingkungan keluarga ke lingkungan sekolah.
  4. Mengembangkan potensi peserta didik yang memiliki keunggulan diberbagai bidang.
  5. Membantu peserta didik yang mengalami kesulitan dalam proses pembelajaran.
  6. Membantu peserta didik mengatasi permasalahan pembelajaran baik di sekolah maupun di rumah pada tingkat yang belum membutuhkan layanan konselor atau profesi lain.
C. Bidang Layanan Bimbingan Psiko-Edukatif
  1. Bimbingan pribadi.
  2. Bimbingan sosial.
  3. Bimbingan belajar.
Bidang pribadi menyangkut memahami, menerima, mengarahkan, mengambil kepuasan dan merealisasikan keputusannya.

Bidang sosial menyangkut cara memahami lingkungannya dan dapat melakukan interaksi sosial secara positif, mampu mengatasi masalah-masalah sosial yang dialaminya, mampu menyesuaikan diri dan memiliki keserasian hubungan dengan lingkungan sosialnya.

Bidang bimbingan belajar meliputi cara mengenali potensi diri untuk belajar, terampil merencanakan pendidikan, memiliki kesiapan menghadapi ujian, memiliki kebiasaan belajar teratur dan mencapai hasil belajar yang optimal.

D. Komponen Bimbingan Psiko-Edukatif

  1. Layanan Dasar menyangkut bantuan kepada seluruh peserta didik  melalui kegiatan penyiapan pengalaman terstruktur.
  2. Layanan bakat dan minat khusus meliputi mengakomodasi pilihan minat, bakat dan kemampuan peserta didik.
  3. Layanan responsif diantaranya memberi bantuan kepada peserta didik yang mengalami masalah dan memerlukan pertolongan.
  4. Layanan dukungan sistem meliputi komponen pelayanan dan kegiatan manajemen, tata kerja, infrastruktur, dan pengembangan kemampuan guru kelas.
E. Kegiatan Layanan Bimbingan Psiko-Edukatif

     Di dalam kelas
  1. Diberikan kepada semua peserta didik
  2. Terintegrasi dalam pembelajaran
     Di luar kelas
  1. Bimbingan individual
  2. Bimbingan kelompok
  3. Bimbingan kelas besar atau lintas kelas
  4. Konsultasi
  5. Konferensi kasus
  6. Kunjungan rumah
  7. Alih tangan kasus
  8. Advokasi
  9. Kolaborasi
  10. Pengelolaan media informasi
  11. Pengelolaan kotak masalah
F. Tugas guru dalam Bimbingan Psiko-Edukatif
    Dalam melakukan bimbingan psiko-edukatif seorang guru harus memiliki keterampilan komunikasi efektif baik verbal maupun non verbal memiliki rasa peduli, empati, dan respek terhadap peserta didik.

Tugas guru dalam hal ini diantaranya :
  1. Mengarahkan
  2. Mengendalikan
  3. Mendampingi
  4. Memotivasi
  5. Menampilkan diri sebagai model
  6. Menghubungkan
  7. Memfasilitasi

Artikel Terkait

Psiko-Edukatif Pendidikan Anak Sekolah Dasar
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email