Dec 11, 2019

Cara Mudah Mengonlinekan Dapodik Lewat Mikrotik


Assalamu'allaikum Wr. Wb. Puji syukur kehadirat Alloh SWT yang telah memberi banyak nikmat kepada kita sehingga kita masih bisa berkarya tanpa ada halangan. Sobat operator yang mudah-mudahan selalu diberi kesehatan oleh Alloh SWT. Pada kesempatan ini admin akan berbagi pengalaman admin saat admin dihadapkan pada sebuah permasalahan dimana aplikasi dapodik yang admin instal berada pada PC yang ada di rumah. Sedangkan admin perlu mengisi data di sekolah. Tentunya tidak mungkin admin bawa PC tersebut setiap hari, mengingat jarak rumah ke sekolah yang lumayan jauh.

Dari kasus di atas akhirnya admin teringat ketika pelatihan di aula dinas pendidikan dan kebudayaan kabupaten pekalongan bahwa aplikasi dapodik berbasis web maka sangat mungkin untuk diakses melalui jaringan, baik jaringan lokal maupun lewat internet. Berbekal pada ingatan tersebut akhirnya admin terbesit ide untuk membuat server dapodik melalui PC yang ada di rumah tadi. Dengan sedikit dana admin adakan pengadaan sebuah mikrotik mungil yaitu Mikrotik RB-931 hAP mini dengan kisaran harga tidak sampai 300 ribu.

Mengapa admin pilih mikrotik. Karena pada mikrotik sudah tersedia menu DDNS yang menyediakan nama DNS sehingga kita tidak usah bolak-balik mengisi IP public untuk bisa terkoneksi dengan server dapodik melalui internet. Sebab IP public ini yang dijadikan jembatan untuk mengakses dapodik yang terinstal di PC tadi.

Baiklah, admin kira pengantar tadi sudah cukup memberi gambaran tentang masalah dan solusi untuk memecahkanya. Sekarang admin akan menjelaskan tahapan agar mikrotik RB 931 hAP mini tadi bisa kita gunakan. Admin anggap sobat operator sudah berhasil seting mikrotiknya  dan admin akan berbagi tentang cara menseting mikrotik untuk dijadikan sarana mengonlinekan aplikasi dapodik kita.

Langkah 1

Kita seting terlebih dahulu IP PC kita menjadi IP statis, hal ini dikandung maksud agar kita tidak usah gonta-ganti mengisi IP PC pada setingan mikrotik. Caranya kita buka Control Panel\Network and Internet\Network and Sharing Center. Kemudian kita pilih adapter PC kita yang terhubung dengan mikrotik. Kebetulan PC admin terhubung melalui wifi adapter. Setelah itu kita klik maka muncul seperti ini

Setelah itu klik properties cari Internet protocol version 4 (TCP/IPv4) kemudian klik dan klik properties lagi sehingga muncul seperti ini
Yang admin tandai kotak merah itu adalah IP statis PC admin, untuk sobat operator silahkan isi sesuai IP yang ada di jaringan sobat. 

Langkah 2

Kita masuk ke mikrotik lewat aplikasi winbox, pilih IP cloud, seperti gambar di bawah ini pada Cloud centang DDNS Enabled dan Update Time sehingga akan muncul DNS Name (yang admin beri kotak merah)
DNS name ini yang akan kita gunakan sebagai IP public yang setiap saat bisa berubah-ubah, jadi walaupun IP publicnya berubah kita tidak perlu seting IP nya. Langkah selanjutnya kita masuk lagi ke mikrotik IP kali ini kita pilih Firewal kemudian kita buat NAT dengan cara klik tanda plus berwarna biru isi seperti di bawah ini
Kemudian pada Action isi sesuai gambar di bawah ini. Kecuali untuk To Addresses isi sesuai IP statis PC yang sudah kita buat tadi, jangan lupa beri komentar untuk memper mudah kita ketika mencari pada menu NAT. hasilnya seperti di bawah ini. Untuk kotak warna merah adalah IP statis PC kita, kotak warna orange adalah port dapodik.
Selanjutnya klik Apply dan OK. Seting sudah selesai tinggal kita lakukan uji coba. Kebetulan admin mencoba menggonakan smartphone Realmi C1 dengan browser operamini hasilnya seperti yang tertampil digambar paling atas.

Langkah 3

Buka browser terserah mau menggunakan browser chrom, mozila atau opera. pada adreas bar ketik DNS Name kita kemudian dibelakangnya kita tambah titik dua dan port lokal dapodik (9234165342.sn.mynetname.net:5774) jika setingan benar maka aplikasi dapodik akan muncul dibrowser kita.

Mudah-mudahan pengalaman ini memberi manfaat pada sobat operator, jika ada bahasa yang kurang dipahami bisa bertanya di kolom komentar. Wassalamu'allaikum Wr. Wb.

Catatan :

Untuk Mengakses PMP dan E-Rapor pada setingan port di mikrotik tinggal kita rubah saja sesuai port lokal aplikasi PMP atau E-Rapor yang ada pada PC kita.

Artikel Terkait

Cara Mudah Mengonlinekan Dapodik Lewat Mikrotik
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

1 komentar: